Sambut Revitalisasi Banten Lama, LKP Tingkatkan Kompetensi SDM Pokdarwis

 
Selasa, 7/08/2018 18:18 WIB
Sambut Revitalisasi Banten Lama, LKP Tingkatkan Kompetensi  SDM Pokdarwis (Ilustrasi: ) Direktur Lembaga Kebijakn Publik (LKP) Ibnu Jandi, S.sos,MM, pada pemaparan peningkatan Kompetensi SDM bidang pariwisata yang bertemakan Semangat Pokdarwis dalam membangun pariwisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten

Lenteranews, SERANG - Pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan pada bidang pariwisata. Khususnya Masyarakat itu sendiri yang menjadi salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama bersinergi dengan Pemerintah dan kalangan usaha/ Swasta. Hal ini diutarakan Direktur Lembaga Kebijakn Publik (LKP) Ibnu Jandi, S.sos,MM, pada pemaparan peningkatan Kompetensi  SDM bidang pariwisata yang bertemakan Semangat Pokdarwis dalam membangun pariwisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten di Aula BAPPL Sekolah Tinggi  Perikanan , Karangantu, Kelurahan Banten ,kecamatan Kasemen, Kota Serang.

“Keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya. Dimana dalam merealisasikan pembangunan kepariwisataan Pokdarwis  harus mengedepankan ketaatan azas dan aturan, agar tidak ada masalah dikemudian hari,” tutur Jandi, Selasa,(7/8/2018).

Adanya peran masyarakat yang sangat vital pada sector pengembangan pariwisata,   baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat, Menurut Jandi  akan berbanding lurus dan sebangun apabila pengembangan sumber daya manusianya lebih dahulu ditingkatkan.

“Kegagalan pembangunan di kita dikarenakan tidak membentuk karakter manusianya lebih kepada sisi ekonomisnya , wal hasil keberhasilan jangka panjangnya tidak tercapai,” Kata Jandi.

Sebagai contoh, Jandi mengilustrasikan  Keberhasilan Kampung wisata Kampung Bekelir , yang mana dahulunya dikenal sebagai kampung kumuh yang berubah menjadi Kampung wisata .

“Kalau hanya sekedar merubah atau menciptakan destinasi pariwisata yang menarik itu sangat mudah, Akan tetapi konsep pembangunan Kampung Bekelir lebih mengedepankan pembentukan karakter manusia yang ada disana , sebagai contoh yang tadinya kotor menjadi bersih , yang malas menjadi rajin dan lain sebagainya,” ungkap Jandi.

Oleh sebab itu ,dukungan masyarakat untuk pengembangan pariwisata  jangka panjang harus berawal dari  pembentukan karakter manusianya, sehingga dapat berperan lebih efektif dalam turut menggerakkan dan mengembangkan kegiatan kepariwisataan ,” pesan Jandi.

Sosialisasi peningkatan Kompetensi  SDM bidang pariwisata ini berkaitan dengan konsep revitalisasi banten lama ,  dengan diikuti perwakilan kemeterian Pariwisata , Kepala Dinas Pariwisata Banten beserta Jajaran  serta Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di Banten lama.

Berita Lainnya