Realisasikan Kota Tangerang Berkelas Dunia, LKP : Maksimalkan Peran RT/RW Dalam Pembangunan

 
Senin, 23/04/2018 22:55 WIB
Realisasikan Kota Tangerang Berkelas Dunia, LKP : Maksimalkan Peran RT/RW Dalam Pembangunan (Ilustrasi: ) Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi S.sos, MM,berikan pelatihan Peran serta RT dan RW dalam pembangunan

Lenteranews, TANGERANG – Realisasikan Kota Tangerang menjadi Kota Yang berkelas dunia melalui perencanaan partisipatif masyarakat langsung, Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi Ssos,MM, memaparkan peranan masyarakat dalam pembangunan yang berkeadilan. Hal ini disampaikannya pada Pelatihan Perencanaan Partisipatif Masyarakat Kelurahan (P3MK) yang diselenggarakan oleh Bagian Pemerintahan Sekertaris Daerah Kota Tangerang, bertempat di aula Kecamatan Kota Tangerang, Senin,(23/4/2018).

Hadir selaku pembicara pada pelatihan yang dihadiri perwakilan RT dan RW se Kota Tangerang , Ibnu Jandi  yang juga inisiator Kampung Bekelir dengan memperkenalakan konsep pembangunan yang berlandaskan keterlibatan peran serta masyarakat .

“Belajar  dari pengalaman masa lalu, dimana banyak pembangunan,Gagal atau mubazir karena kurang di libatkannya warga masyarakat ,sehingga menyebabkan realisasi dari capaian pembangunan tersebut tidak tepat sasaran,” kata Jandi.

Atas dasar pengalaman tersebut Ibnu Jandi lebih mengedepankan  pemaksimalan  peran serta RT dan RW

“Perubahan system pembangunan dari setralistik ke desentralistik sebagai perubahan paradigma, Dimana masyarakat adalah factor pembagunan (subyek bukan lagi sebagai Objek) dimana pemerintah yang memfasilisator dan dinamisator, yang bertujuan melakukan Perubahan perilaku pembangunan dan peranan masyarakat dalam pelayanan pembangunan yang menghasilakan peningkatan kesejahtraan masyarakat,” tutur Jandi.

Sementara itu Kepala bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kota Tangerang Deni Koswara mengungkapkan peran serta RT dan RW dalam pembangunan.

“Perencanaan pembangunan yang benar adalah pembangunan yang dijalankan berdasarkan basis data , dalam hal ini yang memiliki data valid pembangunan dimasyarakat ada di RT dan RW , karena pada peran merekalah detail kebutuhan pembangunan masyarakat bisa diketahui,” ungkap Deni

Berita Lainnya
Berita hari ini