Jaring Data Pemilih, KPU Bersama Bawaslu Kota Tangerang Gelar Uji Publik DPS

 
Rabu, 11/07/2018 15:51 WIB
Jaring Data Pemilih, KPU Bersama Bawaslu Kota Tangerang  Gelar Uji Publik DPS (Ilustrasi: ) Jaring Data Pemilih, KPU Bersama Bawaslu Kota Tangerang Gelar Uji Publik DPS

Lenteranews, TANGERANG – Guna meningkatkan kualitas data pemilih pada pelaksanaan Pileg Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar uji public daftar pemilih sementara (DPS) yang dibarengi sosialisasi pennyusunan tahapan daftar pemilih.

Bertempat di Soll Marina Hotel Kota Tangerang , Uji Publik DPS dihadiri berbagai elemen perwakilan lembaga dan masyarakat  ,Diantaranya  Penyelenggara Pemilu , Perwakilan Parpol Peserta Pemilu dan OKP serta LSM dan tokoh masyarakat Kota Tangerang.

Komisioner KPU Kota Tangerang Nuralim mengatakan uji public yang diselenggarakan lebih kepada tata kelola untuk melindungi hak konstitusi masyarakat agar terdaftar sebagai pemilih.

“Semoga dengan adanya uji public DPS ini bisa menjadi media perbaikan  bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih,” Kata Nuralim, Rabu,(11/7/2018).

Senada dengan Nuralim , Komisioner KPU kota Tangerang Ahmad Syailendra yang turut menjadi pembicara pada acara tersebut menerangkan, “Bagi Masyarakat yang belum terdaftar bisa langsung mengajukan ke KPU atau PPS Kelurahan setempat,” terangnya.

Adanya tahapan uji public DPS oleh KPU mendapat tanggapan positif  ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim, yang mengungkapkan pihaknya selaku bagian dari lembaga penyelenggara Pemilu pada tatanan pengawasan merasa terbantukan dengan adanya kegiatan tersebut.

“Apresiasi untuk KPU dalam menggali permasalahan data pemilih , sehingga meminimalisir aduan terkait data pemilih,” ungkapnya.

Terkait Permasalahan data Pemilih yang pernah ada , Agus melanjutkan,”Belajar dari Pemilu 2014 lalu dimana ada salah satu parpol yang konstituennya sebanyak kurang lebih 340 pemilih  tidak terdaftar, Semoga dengan adanya Uji public DPS permasalahan tersebut tidak aka nada di Pemilu 2019 nanti,” pungkas Agus.

Berdasarkan data KPU Kota Tangerang , Daftar Sementara pemilih untuk Pemilu 2019 berjumlah 1.046.239 Pemilih , dengan rincian 1.027.522 pemilih yang sudah ada di DPT Pilkada 2018 ditambah dengan pemilih pemula yang berjumlah 18.717.

 

Berita Lainnya