4.237 Petugas Pengawas TPS Mendaftar di Bawaslu Tangerang

 
Kamis, 21/02/2019 13:11 WIB
 4.237  Petugas  Pengawas TPS Mendaftar di Bawaslu Tangerang  (Ilustrasi: ) Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kota Tangerang, Komarulloh.SHI.

Lenteranews, TANGERANG – Tahapan Rekrutmen Pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk  Pemilihan  legislatif (Pileg), DPD, dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 , memasuki hari terkahir pendaftaran.

Pada tahapan ini Bawaslu Kota Tangerang ,sedianya telah mengantongi  calon Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah mendaftar sebanyak 4.237 peserta.

“Dari  total keseluruhan  kebutuhan Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 5.102 anggota , Terhitung pada Rabu,(20/2/2019) kemarin yang sudah melakukan pendaftaran sebanyak 4.237 peserta,” Kata Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kota Tangerang, Komarulloh.SHI, di Kantornya Jl. Arief Rahman Hakim, Kota Tangerang , pada Lenteranews. Kamis,(21/2/2019).

Menurut Komar, Masih kurangya jumlah Pendaftar dengan kebutuhan Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibutuhkan , pihaknya akan melakukan penambahan masa pendaftaran.

“Seandainya pada hari terakhir ini belum tercukupi , maka kita akan melakukan penambahan masa pendaftaran selama tiga hari ,” ungkap Komar.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim , mengatakan tahapan  pendaftaran rekrutmen Petugas Pengawas TPS untuk Pileg dan Pilpres sudah dibuka sejak Senin 4 Februari lalu, hingga Minggu 10 Februari kemarin.

"Pelaksanaan pendaftarannya  selama 9 hari, mulai tanggal 11 - 21 Februari 2019,” Kata Agus.

Menurut Agus , Terdapat perbedaan dengan mekanisme  pendaftaran calon Anggota Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten/Kota, dalam ketentuan UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pendaftaran calon anggota Panwascam, Pengawas kelurahan/Desa dan petugas PTPS tidak ada ketentuan syarat domisili.

“Mengacu ketentuan UU tidak ada ketentuan syarat domisili untuk petugas PTPS kalau tidak ditemukan di Kelurahan  setempat bisa dari Kelurahan  tetangganya. Akan tetapi yang diutamakan adalah orang yang berdomisili di wilayah TPS, untuk tahu bahwa pemilih di TPS dan tentunya dapat mengetahui adanya upaya-upaya kecurangan,” ungkapnya.

Agus menerangkan syarat yang ditentukan untuk menjadi petugas PTPS adalah berintegritas, bukan anggota Parpol, dan tidak berafiliasi kepada peserta pemilu. Dan untuk formulir serta berkas pendukung bisa diperoleh di Panwascam dan atau Pengawas Kelurahan , atau bisa diunduh di website www.bawaslu.go.id.

 

Berita Lainnya