KPU : Sipol Dokumen Wajib Parpol Peserta Pemilu 2017

 
Selasa, 3/10/2017 16:05 WIB
KPU : Sipol Dokumen Wajib Parpol Peserta Pemilu 2017 (Ilustrasi: ) KPU : Sipol Dokumen Wajib Parpol Peserta Pemilu 2017

Lenteranews, JAKARTA - Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)  menjadi dokumen wajib yang harus dimiliki partai poltik ,yang ingin mendaftarkan sebagai peserta Pemilu 2019 . Hal itu diutarakan Ketua KPU Arief Budiman , disela pembukaan pendaftaran parpol , kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2017).

“Dengan Sipol kita bisa dengan mudah mengkroscek data parpol yang masuk , dan system ini sudah diterapkan pada Pemilu 2014 lalu “  kata Arief.

"Kita bisa bayangkan kalau menggunakan system manual , tentu sangat tidak mungkin kita bisa  mengkroscek data angngota Parpol yang berjumlah ratusan ribu hingga jutaan, tetapi dengan menggunakan system Sipol ini kita bisa dengan mudah mengkrosceknya” lanjut Arief.

Terkait Tahapan Pilkada yang sudah mulai berjalan , Arief menerangkan “ Karena tahpan Pilkada sudah mulai berjalan ,  KPU juga menyediakan kolom untuk help desk di situsnya dimana fungsinya untuk membantu peserta pemilu yang menemui masalah saat pendaftaran,  " terangnya.

Sejatinya  KPU telah mengenalkan Sipol ini jauh sebelum undang-undang Pemilu ditetapkan. Dimana Sipol juga telah diatur dalam regulasi KPU.

Berita Lainnya
Berita hari ini