Hasil Akhir Peolehan Suara Pilkada , Ibnu Jandi Quick Count Indvenden Menyamai Riil Count KPU

 
Rabu, 4/07/2018 17:40 WIB
Hasil Akhir Peolehan Suara Pilkada  , Ibnu Jandi Quick Count Indvenden Menyamai Riil Count KPU (Ilustrasi: ) Hasil akhir Peolehan Suara Pilkada Kota Tangerang , Ibnu Jandi Quick Count Indvenden Menyamai Riil Count KPU

Lenteranews, TANGERANG – Hasil pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018, Hasil akhirnya Menyamai Ibnu Jandi Quick Count  indevenden.

Berdasarkan real count KPU pasangan yang bersumber dari 3091 TPS, Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Arief R Wismansyah – Sachrudin mendapatakan perolehan 85,62% dan Kolom Kosong mendapatkan 14,38% suara, Terdapat persamaan hasil persentase yang nyaris menyerupai  antara real Count KPU dengan Ibnu Jandi Quick Count  indevenden yang telah dipublikasikan  pada Kamis,(28/6/2018). dimana hasil akhir  Ibnu Jandi Quick Count  indevenden Pasangan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah – Sachrudin mendapatakan perolehan 85,,56% suara , dan Kolam kosong  mendapatkan 14,44% suara.

“Ada beberapa metode Quick Count  yang biasa kita gunakan, Untuk Quick Count  Pilkada Kota Tangerang saya menggunakan metode Hasil Uji Systematic sampling dan rumus yang di gunakan adalah Yamane- Slovin, dengan margin eror 0.5%. Berdasarkan  jumlah 3091 TPS secara keseluruhan , Dengan metode ini saya hanya mengambil sampling di 386 TPS yang tesebar di 13 Kecamatan,” Tutur Ibnu Jandi yang juga menjabat sebagai Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP),Rabu,(4/7/2018).

Bukan hanya itu saja , Sebelumnya sudah terdapat persamaan hasil akhir real count KPU , Dimana H-4 sebelum pencoblosan , Tepatnya pada tanggal 23 Juni 2018 , Direktur LSM Lembaga Kebijakan Publik (LKP)  Ibnu Jandi S.sos,MM , Mempublikasikan hasil Pilwalkot Kota Tangerang melalui metode snowball sampling, Dimana  Pasangan Walikota dan Wakil Walikota pasangan Arief R Wismansyah - Sachrudin  mendapatakan  perolehan 85% dan Kotak Kosong 15%.

“Pada metode snowball sampling yang digunakan sebelum Pilkada kemarin , saya hanya melibatkan perwakilan di 13 Kecamatan di kota Tangerang , dan Alhamdulilahnya dua metode yang saya gunakan untuk Pilkada Kota Tangerang hasilnya hamper linear dengan hasil akhir real Count KPU yang telah diplenokan KPU ,” terang Jandi.

Berdasarkan data jumlah suara sah 711.814 hasil Pleno  KPU, perolehan suara pasangan walikota dan wakilwalikota Tangerang Arief R Wismansyah - Sachrudin mendapatkan 609.428 atau  85,,56% suara, Sedangkan kolom kosong mendapatkan 102.386 atau 14,44% suara.

 


 

Berita Lainnya