Peringati HUT RI Ke-73, Kota Tangerang Luncurkan Kampung Sejahtera Mandiri

 
Minggu, 19/08/2018 16:30 WIB
Peringati HUT RI Ke-73, Kota Tangerang Luncurkan Kampung Sejahtera Mandiri (Ilustrasi: ) Peringatan HUT RI Ke-73, Kota Tangerang Luncurkan Kampung Sejahtera Mandiri

Lenteranews, TANGERANG - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 diperingati dengan Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Ahmad Yani kota Tangerang, Jumat (17/08/2018).

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah yang memimpin langsung jalannya upacara dalam pidatonya menyampaikan bahwa dengan tema "Kerja Kita Prestasi Bangsa, Semangat Dan Bangga Membangun Kota Tangerang Sejahtera" menegaskan dengan segala dinamika dan tantangan yang ada, dibutuhkan kerjasama dengan tekad yang kuat dari seluruh elemen masyarakat.

"Kita harus bersatu padu bersama-sama untuk mau berbuat, berperan aktif, dan berkontribusi dalam pembangunan nasional khususnya untuk kota Tangerang," ujar Walikota.

Selain pengibaran bendera, dilaksanakan juga Pencanangan Kampung Sejahtera Mandiri. Kampung Sejahtera Mandiri merupakan kampung yang secara mandiri dapat memenuhi hak dasarnya berupa sandang, pangan dan papan termasuk juga bisa memenuhi kebutuhan dasarnya berupa pendidikan, kesehatan.

Kampung Sehat Mandiri menyasar seluruh nasyarakat berada di 985 RW se-kota Tangerang. Mereka diharapkan bisa berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masing-masing lingkungan dengan kemandirian.

Arief juga menambahkan bahwa Kampung Sejahtera Mandiri mendorong sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan juga dunia usaha untuk terlibat membangun kota.

"Mudah-mudahan dihari ulang tahun republik Indonesia Ke-73 ini membawa program-program pemerintah dan masyarakat kearah yang lebih baik, serta kemajuan dan kemaslahatan untuk kota Tangerang," tambahnya.

Arief melanjutkan konsep dari kampung PSM adalah mendata masyarakat yang tidak mampu, dan tidak mendapatkan fasilitas prasarana. Setelah di data masyarakat akan diberikan pelatihan seperti kewirausahaan, pengembangan UKM dan lain sebagainya.

"Nantinya seluruh skpd yang lain akan bersinergi dan saling terintegrasi dalam program untuk terus meningkatkan kemajuan kota ini," lanjut Arief.

Ditanya perihal makna kemerdekaan, Arief sendiri memaknai kemerdekaan sebagai pengabdian. Pengabdian untuk terus semangat dan bangga membangun kota Tangerang.

"Jadi mudah-mudahan masyarakat kota Tangerang di kemerdekaan yang ke 73 terus berdedikasi. Karena saya diberikan amanah untuk membangun kota ini lima tahun kedepan, saya akan mendorong partisipasi masyarakat lebih lagi di semua aspek, dan pemerintah bisa memberikan pelayanan tanpa membeda-bedakan," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan hadiah kepada para pemenang lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya, antara lain Lomba Kelurahan tingkat kota Tangerang yang dimenangkan oleh kelurahan Cipondoh Makmur, kemudian lomba Produktifitas Perusahaan Menengah dan Kecil hadir sebagai juara untuk Perusahaan Menengah PT. Industira udan Perusahaan Kecil CV. Firma Sehat, kemudian lomba tingkat SMA/SMK yang dimenangkan oleh SMA 1 kota Tangerang.

 

Berita Lainnya