Jutaan Batang Baja Tak Ber SNI di Tangerang Diamankan Kementerian Perdagangan

 
Kamis, 24/05/2018 12:32 WIB
Jutaan Batang Baja Tak Ber SNI di Tangerang Diamankan Kementerian Perdagangan  (Ilustrasi: ) foto ilustrasi

Lenteranews, TANGERANG – Jutaan batang Baja Tulangan Beton yang tidak memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) diamankan Kementerian Perdagangan di Balaraja, Kabupaten Tangerang . Kamis (24/5/2018).

Berdasarkan pengembangan dan pemeriksaan dari kegiatan pengawasan oleh Ditjen perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Ditjen PKTN).Produk yang diamankan ini terdiri atas berbagai merek dan ukuran hasil produksi PT SS.

“Baja tulangan beton yang diamankan ini tidak memiliki Sertikaasi Produk Pengguna Tanda SNI (SPPT-SNl) serta tidak memiliki Nomor Registrasi Produk (NRP). Sehingga, patut diduga baja-baja ini tidak memenuhi persyaratan SNI, dan hasil uji temuan di lapangan tidak memenuhi persyaratan SNI. Imbasnya, dapat menimbulkan kerugian bagi konsumen,” tegas Dirjen PKTN Veri Anggrijono saat meninjau lokasi gudang dan pabrik tempat baja tulangan beton tersebut disimpan dan diproduksi.

Sebelumnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Ditjen PKTN juga telah mengamankan 351 ribu batang baja tulangan beton berbagai merek dan ukuran di gudang CV. SMM. Hasil pengujian menyimpulkan produk tersebut tidak memenuhi persyaratan SN! 07-2052-2002, tidak memiliki SPPT-SNI, serta tidak memiliki NRP. 

Berita Lainnya