2.000 Masyarakat Baduy Gelar Seba Baduy

 
Kamis, 23/04/2015 17:52 WIB
2.000 Masyarakat Baduy Gelar Seba Baduy (Ilustrasi: )

LenteraNews – Serang – Ritual tahunan masyarakat baduy untuk bertandang ke Kepala Daerah atau bisa di sebut Seba Baduy kembali di gelar.

Ritual Seba Baduy tahun 2015 bakal digelar pada 23-25 April mendatang. Kegiatan Seba Baduy ini merupakan suatu perjalanan ritual yang dilakukan masyarakat Baduy kepada kaolotan atau kepala daerah baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Provinsi Banten, Moh Ali Fadila, mengatakan Seba Baduy merupakan upacara tradisi sakral masyarakat Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak.  Ritual seba baduy merupakan tradisi yang sudah dilakukan turun menurun sejak zaman kesultanan Banten dulu.

"Rencananya ritual seba baduy tahun ini akan diikuti sekitar 2.000 masyarakat Baduy yang terdiri sekitar 40 orang dari baduy dalam, dan sisanya dari baduy luar," kata Ali saat menggelar jumpa pers kepada wartawan di kantor Disbudpar, Kamis, (23/04/2015).

Ali menerangkan, kegiatan Seba Baduy ini merupakan event tahunan Pariwisata Banten. Adapun tema Seba baduy tahun ini mengangkat tema "Melestarikan Lingkungan dan kebudayaan untuk keseimbangan pembangunan dan kesejahteraan".(dhi)

Berita Lainnya
Berita hari ini