Kebakaran Dan Terror Bom Guncang Mall Karawaci, Dalam Simulasi

 
Selasa, 15/12/2015 18:13 WIB
Kebakaran Dan Terror Bom Guncang Mall Karawaci, Dalam Simulasi (Ilustrasi: )

LenteraNews – Tangerang – Kepanikan melanda pengunjung dan penjaga sejumlah tenan di Supermall Karawaci, Jalan Raya Boulevard, Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (15/12).

 

Para pengunjung dan penjaga tenan dalam mall berhamburan keluar saat mendengar sirene pemadam berbunyi dengan kerasnya diarea mall. Semua kepanikan ini,terjadi dalam simulasi penanggulang bencana dan terror bom yang melanda Supermall Karawaci.

 

Tidak hanya dua simulasi tersebut, pengelola mall juga menggelar Simulasi unjuk rasa dan kebakaran yang sewaktu-waktu bisa menerpa supermall tersebut.



Kapolsek Kelapa Dua Kompol Awaludin Amin mengatakan, simulasi itu dibuat bertujuan untuk mengantisipasi apabila ada ancaman bom, kebakaran dan unjuk rasa dimall tersebut.



"Ya, tadi kita simulasi ancaman bom, kebakaran, sama unjuk rasa, diparkir loby utara Supermall Karawaci," ungkap Awal.

 

Awal menambahkan, dalam simulasi tersebut. Pihak pengelola gedung diajarkan gimana cara untuk mengevakuasi pengunjung apabila terjadi bencana alam, teror bom dan unjuk rasa.



"Bagaimana mengevakuasi pengunjung yang ada di mall sesuai SOP yang ada," ujarnya.

 

Sementara itu, Firmansyah Deputi GM Operation Supermall Karawaci menjelaskan simulasi tersebut melibatkan seluruh karyawan yang sedang bekerja. Ketiga simulasi itu ada yang digelar didalam maupun diluar gedung.

"Kami bikin rekayasa seolah-olah karyawan yang sedang bekerja terjebak dalam kejadian kebakaran, kami berikan kepulan asap disetiap pintu keluar," jelas Firman pada lentera.

Menurut Firman, pengelola gedung harus memahami SOP yang ada, gimana cara mengevakuasi korban, komunikasi dengan pihak kepolisian dan kebakaran saat terjadi bencana.

"Disini kami juga melibatkan security untuk mengamankan apabila ada unjuk rasa, teror bom dan kebakaran," tuturnya. Wan


Berita Lainnya
Berita hari ini