Sanggar Beksi Marhali Batu Sari Meriahkan Ekspor Perdana Bir Bintang ke Korea Selatan

 
Selasa, 15/05/2018 20:32 WIB
Sanggar Beksi Marhali Batu Sari Meriahkan Ekspor Perdana Bir Bintang ke Korea Selatan (Ilustrasi: ) Sanggar Beksi Marhali Batu Sari Meriahkan Ekspor Perdana Bir Bintang ke Korea Selatan

Lenteranews, TANGERANG – Sanggar Beksi Marhali Batu Sari meriahkan Ekspor Perdana Bir Bintang ke Korea Selatan. Hadir dalam acara tersebut  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang berkenan melepas ekspor perdana Bir Bintang ke Korea Selatan hasil produksi PT Multi Bintang Indonesia (Persero) Tbk (PT MBI) yang berlangsung pada hari ini, Senin (14/5/2018)

Peluncuran ekspor perdana dilakukan bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom dan jajaran manajemen PT MBI di pabrik PT MBI, Batuceper, Kota Tangerang.

"Ekspor perdana Bir Bintang ke Korea Selatan bertujuan meningkatkan perdagangan bilateral serta investasi antara Indonesia dan Korea Selatan. Saya mengapresiasi PT MBI yang telah mampu membawa produknya sebagai kebanggaan Indonesia di tengah peraturan yang sedikit membatasi peredaran bir. Namun, manajemen tetap bisa mengambil peluang dari pasar lain," Kata Menteri Perdagangan.

Menurut Badan Pusat Statistik, total ekspor produk minuman Indonesia pada tahun 2017 tercatat sebesar USD 113,2 juta atau turun 6,38% dari tahun 2016. Untuk ekspor produk minuman beralkohol tahun 2017 tercatat senilai USD 11,95 juta dengan pangsa pasar sebesar 10,55% terhadap total ekspor produk minuman secara keseluruhan.

Mendag juga menyampaikan bahwa perdagangan Indonesia-Korea Selatan tahun 2018 ditargetkan mencapai USD 20 miliar. Tahun sebelumnya total perdagangan kedua negara tercatat sebesar USD 16,31 miliar.

"Suatu hal yang ambisius, tapi bukan tidak mungkin dilakukan," lanjut Mendag.

Mendag mengajak semua industri di Indonesia, khususnya industri minuman, untuk bersinergi dalam meningkatkan performa ekspor yang berkualitas dan berdaya saing di pasar internasional. Selain itu, Kementerian Perdagangan melalui Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) juga siap membantu para eksportir memperluas pasar ekspornya di berbagai negara.

Sementara itu Presiden Direktor PT MBI Michael Chin menjelaskan, banyaknya permintaan terhadap produk Bir Bintang merupakan salah satu alasan dilakukannya ekspor Bir Bintang ke Korea Selatan.

"Masyarakat Korea Selatan yang mengunjungi Indonesia sangat menyukai Bir Bintang. Di Korea Selatan nanti, Bir Bintang akan disejajarkan dengan merek bir terkenal di dunia," Kata Michael.

Ekspor perdana Bir Bintang ke Korea Selatan merupakan hasil kerja sama dengan jaringan distributor Heineken di Korea Selatan. Sebelumnya, Bir Bintang juga sudah melakukan ekspor ke Jepang, Singapura, Timor Leste, Australia, Belanda, dan Inggris.

Berita Lainnya
Berita hari ini