KPU Banten Batasi Penggunaan Dana Kampanye

 
Kamis, 13/10/2016 22:33 WIB
KPU Banten Batasi Penggunaan Dana Kampanye (Ilustrasi: )

LenteraNews – Serang -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menekankan kepada kedua pasangan bakal calon yakni Rano Karno-Embay Mulya Syarif (Rano-Mulya) dan Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika), untuk tidak menggunakan dana kampanye yang berlebihan saat pelaksanaan kampanye di Pemilihan Gubernur Banten 2017 mendatang.

"Kami ingin dana kampanye bisa dibatasi supaya nantinya tidak berlebihan. Kalau lebih, paslon harus mengembalikan dana tersebut ke kas negara soalnya di UU No 10 itu, KPU harus membatasi penggunaan dana kampanye seluruh pasangan calon," kata Ketua KPU Banten Agus Supriatna, saat ditemui watawan usai Rakor di Aula KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (12/10/2016).

Selain membatasi dana kampanye, kata Agus, seluruh pasangan calon harus melaporkan penggunaan dana kampanye tersebut secara langsung kepada KPU dengan dibuktikan melalui catatan rekening bank atas nama pasangan calon.

"Rekeningnya langsung atas nama pasangan calon, bukan atas nama tim kampanye maupun parpol. Paling lambat kami tunggu laporan rekeningnya tanggal 20 Oktober 2016," kata Agus.

Dijelaskan Agus, bila aturan tersebut nantinya tidak dipenuhi, maka kedua bakal pasangan calon akan terancam mendapatkan sanksi dari KPU Banten. "Kalau ini tetap tidak ditaati, sesuai UU, ini akan ada sanksi sesuai tingkatannya," ujarnya. (dhi)

Berita Lainnya