Masyarakat Kampung Bekelir Babakan Lahirkan Koperasi Wisata Pertama di Kota Tangerang

 
Sabtu, 9/09/2017 09:26 WIB
Masyarakat Kampung Bekelir Babakan Lahirkan Koperasi Wisata Pertama di Kota Tangerang (Ilustrasi: ) Kopresai Wisata Kampung Bekelir Babakan

Lenteranews, TANGERANG – Inovasi  dan keseriusan masyarakat kampung Bekelir Babakan dalam menciptakan destinasi wisata yang kekinian dalam bentuk Mural dan Grafiti  telah melahirkan Koperasi Wisata  pertama di Kota Tangerang.

Badan usaha Koperasi Wisata yang diberi nama BEKER ini bertujuan  mengedepankan  peran masyarakat kampung Bekelir sebagai pemilik aset, dalam pengelolaan  wisata untuk kesejahteraan warganya.

“  Destinasi wisata Kampung Bekelir jangan sampai mengakibatkan masyarakat sekitar tergusur karena masuknya pemodal besar. Justru masyarakat yang harus berperan dominan sehingga pembangunan wisata berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, maka dengan itulah kita buatkan badan usaha Koperasi Wisata BEKER sebagai payung hukumnya, guna melindungi hak – hak masyarakat Kampung Bekelir “ papar Lurah Babakan Abu Sopyan pada malam pembentukan Koperasi Wisata Kampung Bekelir , Jum’at(8/09/2017).

Senada dengan Lurah Babakan , Kepala Bidang Pariwisata Kota Tangerang Rizal Babas Ridolloh berjanji akan melibatkan penuh peran Koperasi wisata BEKER guna mendorong kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara

“ Koperasi Wisata Kampung Bekelir akan didorong agar mengambil peran pada bisnis pariwisatanya . Karena sektor ini sangat baik dikembangkan. Mulai dari kuliner, souvenir, trasportasi hingga penginapan." Terang Rizal

Sementara itu Dinas Koperasi Kota Tangerang yang dalam hal ini diwakili oleh Saripudin selaku Kabid Koperasi , memaparkan  pengembangan Koperasi dengan memberikan bimtek  advokasi akuntabilitas, tata kelola koperasi yang baik, penerapan tata kelola umkm yang baik serta sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang koperasi.

"Kenapa harus koperasi? Karena itu akan jauh lebih efisien dikelola oleh masyarakat secara bersama – sama dengan berlandaskan azas kekeluargaan, jika dibandingkan dikelola sendiri sendiri," papar Saripudin.

Sebagaimana diketahui keberadaan Kampung Bekelir Babakan yang berlokasi di Rw 01 , Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang letaknya sangat - sangat strategis dan mudah diakses karena berada  dijantung kota , yakni disepanjang bantaran Sungai Cisadane tepatnya dijalan Kali Pasir . 

TAG wisata
Berita Lainnya