Inovasi KWT Kampung Taubat Jalankan Program Bersedakah Dengan Toga dan Sayuran

 
Senin, 14/10/2019 19:35 WIB
Inovasi KWT Kampung Taubat Jalankan Program Bersedakah  Dengan Toga dan Sayuran (Ilustrasi: ) KWT Kampung Taubat bersama KWT Kampung KPK lakukan penanaman pohon

Lenteranews.com – Melalui prakarya hasil pertanian, Kelompok Wanita Tani (KWT)  Kampung Taubat melakukan inovasi program sosial untuk peduli terhadap sesama. Dengan memanfaatkan lahan seluas 5.200 meter, peruntukan fasos fasum yang berlokasi diperumahan Bandara Mas, RT 001, RW 02, Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, para ibu – ibu KWT bahu membahu merubah lahan yang dahulunya tidak terawat menjadi lahan produktif.

Dibawah binaan ketua PKK Kelurahan Selapajang Jaya, konsep bertani KWT Kampung Taubat hasilnya diperuntukan guna memenuhi  kebutuhan warga.

“Dengan hasil  pertanian KWT Kampung Taubat yang berupa tanaman obat keluarga (Toga) dan sayur mayur, pendistibusiannya kita jadikan program KWT bersedekah hasil tani untuk warga,” ujar ketua PKK Kelurahan Selapajang Jaya, Sartiyah, ketika sedang menanam di kebun KWT Kampung Taubat, Senin,(14/10/2019).

Menurut dia, konsep bersedekah dengan hasil pertanian bertujuan membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan.

“Seperti aneka jenis tanaman toga yang sudah mulai langka, disini masyarakat bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan,” terangnya.

Manfaat dari program  bersedakah dengan Toga dan Sayur dirasakan Mujang Basoni, Warga Selapajang Jaya, yang merasa terbantu ketika dirinya mebutuhkan daun saga untuk dijadikan obat.

“Sudah beberapa hari ini saya mencari daun saga untuk mengobati panas dalam. Alhamdulillah ketemu di KWT Kampung Taubat tanpa harus membayar,” terang Mujang.

Pantauan Lenteranews dilokasi, perkebunan KWT Kampung Taubat telah banyak ditumbuhi aneka Toga, seperti pohon saga, Kumis Kucing, Jahe, langkuas, Jarak, Kunyit, ciplukan, mangkokan, kembang teleng, gempur batu, ginseng kucing, lidah buaya, kembang sepatu, kedondong laut, jengger ayam, pandan, daun suji, mengkudu, sambiloto, katuk, sirih, serta aneka pohon sayur dan buah, seperti Kol, cabai, tomat, markisa, mangga, jambu, dan aneka lainnya.

Berita Lainnya
Berita hari ini