Awal Mula Sejarah Kampung Bekelir Yang Mendunia

 
Senin, 18/12/2017 12:34 WIB
Awal Mula Sejarah Kampung Bekelir Yang Mendunia (Ilustrasi: ) sejarah Kampung Bekelir

Lenteranews, TANGERANG – Kampung Bekelir yang terletak di RW 01 Kelurahan Babakan , Kota Tangerang yang keberadaannya telah menjadi destinasi wisata kampung mural dan graffiti yang hanya ada satu didunia, sebelumnya menyandang status Kampung Kumuh sedang sedang . Dengan luas kurang lebih 4 hektare , dengan batas wilayah utara Kelurahan Sukasari, Batasa wilayah Selatan RW 003, Batas wilayah Timur Rw 002, dan Batas wilayah Barat Sungai Cisadane , Di Kampung Bekelir sendiri terdapat 4 Rukun tetangga (RT) , Dengan jumlah jiwa keseluruhan 1.175 jiwa , dimana laki – laki sebanyak 598 jiwa dan Perempuan 577 jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 392 KK. Senin,(18/12/2017)


Berangkat dari sanalah, Inisiator Kampung Bekelir Ibnu Jandi S.sos MM , Menerangkan ihwal mula Kampung Bekelir.
“Nama Bekelir sendiri memiliki makna banyak warna, Dimana inspirasi membuat Kampung Bekelir RW 01, Kelurahan Babakan adalah buah dari study wisata kami kemalaysia , tepatnya dimalaka , Dengan ditemani Rizal Ridolloh, H. Aimar, Andika Rosadi(Bang Bolong), Mukafi Solihin (Miing), Kami berlima dikirim Bapak wali Kota Tangerang Arief R,. Wismansyah untuk study wisata kesana selama 3 hari tepatnnya tanggal 17, 18, 19 maret 2017.


Pasca Studi wisata kemalaysia , pada bulan April 2017 , saya meminta kepada saudara Sukron untuk mendokumentasikan kondisi awal Kampung Rw 001 , dilanjut dengan saya meminta kepada Kabag Humas Kota Tangerang Felix Mulyawan agar dibuatkan dokumentasi via drone kondisi awal Kampung.


Selesai mendokumentasikan kondisi awal Kampung tersebut , Kemudian saya meminta kepada saudara Abdi sadraxs selaku artis seniman di Kota Tangerang agar membuatkan animasi kondisi awal dan akhir (Before and After) Kampung Tersebut.


Setelah Konsep dan dokumentasi Kampung Beklelir selesai, Barulah konsep tesebut kita paparkan Kepada Lurah Babakan H. Abu Sofyan, s.sos,. M.si, dan Alhamdulilah Lurah beserta warga RW 01 menyetujui lingkungan serta rumahnya dicat dan digambar.
Pasca disetujuinya Konsep Kampung Bekelir oleh Lurah Babakan dan warga RW 01, Barulah Konsep tersebut Pada Bulan Juli 2017 , saya bersama Lurah Babakan , Kabid Wisata Rizal Ridolloh,  Abdi Sadraxs , memaparkan konsep Kampung Bekelir kepada Wali Kota Tangerang , sekaligus meminta dukungannya dan persetujuannya untuk merealisasikan konsep tersebut di Rw 01 , Kelurahan Babakan , yang sekarang dikenal dengan Kampung Bekelir, yang telah menjadi penunjang RPJMD dan Konsep Live city Kota Tangerang, dengan pola pelaksanaan pengerjaannya tanpa menggunakan APBD .


Masih pada bulan juli 2017, saya meminta kepada saudara Abdi Sadraxs untuk menawarkan Konsep Kampung Bekelir kepada perusahaan cat Pacipik Paint , dan Alhamdulilah pihak Pacipik Paint menyetujuinya , serta memberikan rekomendasi saudara Abdi Sadraxs untuk menghubungi Ace Oldfields selaku pabrik kuas, guna mendukung konsep Kampung Bekelir.
Lanjut masih dibulan yang sama , Saya diminta oleh Abdi Sadrax untuk menghubungi dan mempersentasikan Konsep Kampung Bekelir Kepada Perusahaan cat semprot CantArt – SprayPaint By Samurai Paint, dan Alhamdulilah disetujui.


Setelah Konsep Kampung Bekelir dapat diterima oleh pihak sponsor , Akhirnya kami membentuk kepanitiaan pengecatan , mural dan graffiti di Rw 001, Kelurahan Babakan , Kota Tangerang , dengan struktur kepanitian diketuai oleh saudara Sukron dan H. Abu Sopyan , Manager operasional tekhnis pengecatan yang juga manager arts seniman Abdi Sadraxs.


Memasuki Bulan Juli , tepatnya tanggal 30 – 07 – 2017 , Wali Kota Tangerang Bersama Muspida melakukan pencanangan Konsep Kampung Bekelir , denga melakukan pengecatan serta mural dan graffiti dirumah warga RW 01 , dengan jumlah rumah sebanyak 300.
Adapun tenaga pengecatan kami gunakan dari pemuda Rw 01 , sebanyak 10 orang , yang mengecat dari awal hingga akhir,  Sementara itu Manager seniman Abdi Sadraxs awalnya hanya mengundang 23 orang seniman , seiring berjalannya waktu 120 seniman dari berbagai daerah ikut andil dalam pengerjaan Kampung Bekelir, dengan menghasilkan aneka gambar mural dan graffiti sebanyak 1.121


Bahan Baku yang telah dihabiskan untuk Kampung Bekelir melalui program CSR ; Cat dari Pacipic Paint selaku sponsor utama sebanyak 1.435 kaleng berbagai ukuran, Cat semprot dari PT Samurai Paint sebanyak 1.500 kaleng , Kuas cat dari PT Ace oldfields sebanyak 608 buah dari berbagai jenis dan ukuran, Dengan sumber dana yang didapat hanya sebesar Rp. 70.000.000, yang bersumber dari Transit FM3 , PT. PAP II, Bank BJB Banten, dam donator lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
Dengan dana yang dihabiskan sebanyak Rp. 300.000.000 , berdasarkan pengeluaran untuk makan , minum, operasional, media  dan sebagainya , sehingga kekurangannya kami tutupi melalui kepanitiaan.


Alhamdulilahirobbilalamin , Pada tanggal 19 November 2017 , Kampung Bekelir Babakan yang terletak di RW 01, Kelurahan Babakan , Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang , telah diresmikan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah , Sebagai Kampung Wisata di Kota Tangerang” Tutur  Inisiator Kampung Bekelir Ibnu Jandi. S.sos. MM.

 

Berita Lainnya