Ternyata Lidah Memiliki Cetakan Unik Sama dengan Sidik Jari

 
Selasa, 3/10/2017 20:18 WIB
Ternyata Lidah Memiliki Cetakan Unik Sama dengan Sidik Jari (Ilustrasi: ) Ilustrasi

Lenteranews - Lidah manusia memiliki banyak fungsi seperti yang telah dipelajari ketika masih bersekolah. Lidah membantu makhluk hidup ketika makan dan membantu kita menyusun kata-kata yang akan diucapkan.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (2/10/2017), sama seperti sidik jarik, ternyata lidah juga memiliki sidik atau cetakan yang unik. Lidah adalah organ yang unik karena ia terlindungi dengan baik dan sulit untuk dipalsukan.

Lidah juga dapat memberikan informasi bentuk geometris dan informasi tekstur fisiologis yang berpotensi berguna dalam aplikasi verifikasi identitas.

Sebuah bukti yang telah dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE tahun 2013, mengatakan bahwa bakteri dalam mulut manusia sama kuatnya dengan sidik jari untuk mengidentifikasi identitas seseorang.

Para ilmuwan mengidentifikasi hampir 400 spesies mikroba yang berbeda di mulut dari 100 orang peserta penelitian. Peserta penelitian tergolong dalam 4 afiliasi etnis, yaitu kulit hitam non-Hispanik, kulit putih, China, dan Latin.

Hanya 2% spesies bakteri yang terdapat dalam mulut peserta penelitian. Namun dalam konsentrasi yang berbeda menurut etnisitas, 8% terdeteksi dari 90% peserta. Di luar itu, para peneliti menemukan bahwa setiap kelompok etnis dalam penelitian tersebut diwakili oleh ‘tanda tangan’ komunitas mikroba bersama.

Selain itu, sebuah makalah yang ditulis oleh peneliti dari Shanghai Jiao Tong University, Shanghai, mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi kini telah memungkinkan database pertama cetakan lidah untuk didirikan. Pada saat makalah ini muncul, telah terdapat 134 cetakan lidah individu yang telah dikumpulkan dan disimpan untuk analisis.

Berita Lainnya