Tunggangi Ducati , Dovizioso Juara Vinales

 
Minggu, 4/06/2017 20:49 WIB
Tunggangi Ducati , Dovizioso Juara Vinales (Ilustrasi: )

Lenteranews – Olahraga—Andreas Dovizioso yang menunggangi Ducati pada musim ini ,tampil dominan dan berhasil finish di tiga besar  MotoGP Italia. Hasil akhirnya Andreas Dovizioso keluar sebagai pemenang, diikuti Maverick Vinales dan Danilo Petrucci. Di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017),

Awal balapan berjalan sengit. Vinales, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo saling salip untuk memperebutkan posisi terdepan.

Vinales dan Rossi masih tetap di barisan depan, namun Lorenzo justru semakin lama semakin lambat sehingga tercecer. Dovizioso lantas menyeruak di pertengahan balapan bersama dengan Petrucci. Sampai akhirnya, Dovizioso berhasil melintasi garis finis tercepat sekalipun dibayangi Vinales. 

Juara bertahan Marc Marquez tidak menjalani balapan dengan baik sejak awal dan tidak mampu keluar dari rombongan kedua. Rekan setimnya, Dani Pedrosa justru mengalami nasib sial usai jatuh di lap terakhir.

Berkat kemenangan ini, Dovizioso naik ke peringkat kedua klasemen pebalap dengan perolehan 79 poin, terpaut 26 poin dari Vinales di urutan teratas. Rossi di posisi ketiga dengan 75 poin, unggul tujuh poin dari Marquez dan Pedrosa di bawahnya. 

Jalannya Balapan

Rossi langsung melejit dan memimpin di tikungan pertama, dibuntuti Vinales dan Lorenzo yang melakoni start bagus. Dovizioso, Marquez, dan Pedrosa berada di rombongan kedua.

Lorenzo menyalip Rossi untuk memimpin di tikungan pertama lap kedua. Sempat berduel dengan Rossi, namun Lorenzo mampu mempertahankan posisinya. Vinales di posisi ketiga.

Pergantian pemimpin lagi di lap ketiga. Lorenzo kesulitan berbelok ke kiri sehingga disalip Rossi dan Vinales sekaligus. Dovizioso menyeruak ke jajaran depan untuk menggeser rekan setimnya di posisi ketiga.

Terobosan Dovizioso berhasil sehingga menyalip Rossi di posisi kedua saat memasuki lap keenam. Vinales masih terdepan sedangkan Lorenzo justru tercecer di posisi kelima usai disalip Pirro.

Vinales masih terus memimpin di lap kedelapan, Dovizioso ketat membayanginya di posisi kedua. Lorenzo kini justru kesulitan kembali ke depan dan mesti berada di posisi keenam setelah dilewati Marquez.

Empat pebalap terdepan mulai bisa memisahkan diri dari pebalap-pebalap lainnya. Vinales, Dovizioso, dan Rossi berada di posisi tiga terdepan diikuti Petrucci. 

Di lap kesepuluh Alvaro Bautista menyalip Marquez untuk merebut posisi keenam. Lorenzo di posisi ketujuh di depan Zarco dan Iannone. Pedrosa di posisi 10.

Lorenzo kian melambat. Dia bahkan kini disalip Zarco sehingga turun ke posisi kedelapan. Sementara rombongan depan belum berubah: Vinales memimpin diikuti Dovizioso, Rossi, dan Petrucci. 

Dovizioso mengambil alih pimpinan lomba di putaran 14, setelah mengalahkan Vinales di lintasan lurus. Petrucci justru kemudian mampu melewati Rossi dan kini berada di posisi ketiga di belakang Vinales. 

Ducati kembali unjuk gigi di lintasan lurus. Petrucci kini menyalip Vinales di lap ke-15. Ducati kini satu-dua di depan. Vinales dan Rossi berada di posisi ketiga dan keempat. 

Di putaran 18, Vinales sempat melebar tapi tidak dapat dimaksimalkan Rossi. Duo Ducati mulai menciptakan jarak, Petrucci bahkan kini 0,368 detik di depan Vinales, yang menempati posisi ketiga. 

Desakan Vinales membuahkan hasil. Di lap 19, Vinales akhirnya mampu mengalahkan Petrucci untuk merebut urutan kedua. Rossi masih di peringkat keempat. Sementara rombongan belakang tak mengalami perubahan berarti. Lorenzo naik ke posisi delapan di belakang Zarco, Marquez, dan Bautista.

Dovizioso mulai nyaman di urutan terdepan dengan kini memimpin satu detik dari Vinales di lap 22. Rossi masih kesulitan menyalip Petrucci di depannya. 

Memasuki lap terakhir, Dovizioso belum bisa tenang. Vinales berangsur-angsur mendekat. Meski begitu Dovizioso berhasil mempertahankan posisinya diikuti Vinales, Petrucci dan Rossi. Sementara itu, Pedrosa jatuh di tikungan 10 dan ikut menyapu Crutchlow. (Sumber detik.com).

Berita Lainnya