Tangkal Bunga Mencekik , LKP Jalankan Program Bebaskan Masyarakat Dari Jerat Rentenir

 
Kamis, 14/12/2017 17:49 WIB
Tangkal Bunga Mencekik , LKP Jalankan Program Bebaskan Masyarakat Dari Jerat Rentenir  (Ilustrasi: ) Masyarakat setuju dengan program Bebaskan masyarakat dari jerat rentenir

Lenteranews, TANGERANG – Masih maraknya sekelompok orang atau organisasi yang meminjamkan uang kepada masyarakat  dengan bunga yang mencekik , atau yang lebih dikenal dimasyarakat luas dengan julukan Bank harian atau rentenir, menjadi bahan diskusi pada forum Sosialisasi penerima bantuan bedah rumah dan jambanisasi, yang dibawakan pemateri  Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi S.sos.MM, Kamis,(14/12/2017).

“Banyaknya rentenir yang masuk keperkampungan tanpa adanya larangan , dengan sasarannya para masyarakat yang sedang mebutuhkan financial, membuat miris kondisi saat ini, Dimana keberadaan rentenir tersebut sipatnya bukan mebantu melainkan menambah kesulitan perekonomian , dikarenakan pengenaan bunga berjalan yangsangat besar” tutur Jandi.

Pada sejatinya, menurut Jandi phenomena mengguritanya rentenir  dimasyarakat , harus ada tindakan pelarangan yang tegas dimasyakat itu sendiri.

“Dibutuhkan kekompakan dan komitmen yang kuat dimasyarakat , agar terhindar dari jeratan rentenir,” tuturnya.

Suasana diskusi membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir yang dibawakan Direktu LKP yang dikemas dengan suasana dialogis , mendapat tanggapan yang positif dari peserta. Iwan Kurniawan salah seorang peserta yang berasal dari Kelurahan Kedaung , Kecamatan Neglasari , mengamini dengan adanya penghilangan rentenir dimasyarakat.

“Saya sangat setuju dengan adanya rentenir dilarang masuk kampung , yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasinya?,” Tanya Iwan.

“Soliditas kebersamaan dan kegotong royongannya dimasyarakat lebih ditingkatkan, Diantaranya dengan membuat satgas anti rentenir, Membuat Koperasi warga, dan membuka kepekaan bagi masyarakat yang mampu agar lebih peduli dengan masyarakat yang membutuhkan” jawab Jandi.

Seperti diketahui , Program membebaskan masyaraktat dari jeratan rentenir tengah dijalankan di Kampung Wisata, Kampung Bekelir Babakan RW 01, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang,dimana masyarakat disana siap menghalau para rentenir yang masuk Kampung.

“Dengan Kebersamaan dan komitmen yang kuat , Kampung Bekelir telah menjaga warganya dari jeratan rentenir, melaui berbagai program , diantaranya pengadaan Koperasi Kampung Bekelir, peningkatan ekonomi kreatf warganya, peningkatan UKM serta berbagai macam kegiatan ekonomi yang bisa mensejahtrakan masyarakat disana” terangnya.

Sedianya sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat Bagi Penerima Bantuan Bedah Rumah dan Jamban dari Pemkot Tangerang, yang diselenggarakan diaula Kecamatan Neglasari, dihadiri Sekertaris Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dirut LKP, Perwakilan FKTS, Perwakilan PKK, Porum Kotaku  Kota Tangerang, MUI, dan ratusan warga penerima bantuan tersebut yang berdomisili di Kecamatan Neglasari

 

 

 

Berita Lainnya