LKP Harapkan Kepedulian dan Kemandirian Masyarakat Dalam Pembangunan

 
Rabu, 13/12/2017 21:57 WIB
LKP Harapkan Kepedulian dan Kemandirian Masyarakat Dalam Pembangunan (Ilustrasi: ) Sosialisasi Pembinaan Pola Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Penerima Bantuan Bedah Rumah dan Keluarga

Lenteranews – Tangerang – Masih mengandalkannya  pembangunan wilayah pada Pemerintah Daerah, Yang dikhawatirkan berimbas pada ketidakmandirian masyarakat itu sendiri, Menjadi pembahasan Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi S.sos. MM, selaku pemateri pada kegiatan sosilisasi Pembinaan Pola Hidup Bersih dan Sehat terhadap penerima bantuan bedah rumah , yang digelar diaula Kecamatan Jati Uwung Kota Tangerang, Rabu,(12/12/2017).

“Membangun dan merubah keadaan yang lebih baik jangan selalu menggantungkan kepada Pemerintah, serta jangan jadikan program bantuan dari Pemerintah membuat kita malas, Karena sejatinya Pemerintah melalui program bantuan kemasyarakatannya menginginkan lahirnya masyarakat mandiri” tuturJandi.

Menurut Jandi, Lahirnya masyarakat mandiri selaku  penerima bantuan, diharapkan bisa menjaga dan merawat apa yang sudah diberikan oleh Pemerintah Daerah.

“Kita wajib mensyukuri dan merawatnya, karena dengan adanya program bedah rumah dan jambanisasi ini telah banyak mendatangkan manfaat, khususnya untuk penataan lingkungan dan kesehatan masyarakat” terangnya.

Bukan hanya masyarakatnya , Jandi menginginkan peran aktif para penggiat dimasyarakat yang berada dilingkungannya  untuk lebih peka terhadap permasalahan yang ada.

“Bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja , akan tetapi dibutuhkan kepekaan bersama dimasyarakat, Karena kalau kita melihat potensi di Kota Tangerang yang sudah dikenal dengan kota industri, kita bisa melibatkan pihak ketiga dalam menyelesaikan pembangunan” paparnya.

“Sebagai contoh adanya Kampung Bekelir Babakan yang dahulu sebagai Kampung Kumuh , hingga berubah menjadi destinasi Wisata Kampung Sehat , peraih PHBS serta FKTS, sebagai bukti bahwa kemadirian masyarakat dalam menata wilayahnya denga kebersamaan tanpa mengandalkan APBD bisa terelisasi” pungkasnya.

Sosialisasi Pembinaan Pola Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Penerima Bantuan Bedah Rumah dan Keluarga ini dihadiri Direktur LKP, Perwakilan Dinas Perkim, Perwakilan FKTS, Perwakilan PPK Kota Tangerang , Porum Kotaku beserta ratusan warga dari Kecamatan Jati Uwung dan Kecamatan Periuk.

 

Berita Lainnya