LKP Edukasi Realisasi Musrenbang Tidak harus Dengan APBD

 
Rabu, 14/02/2018 14:55 WIB
LKP Edukasi Realisasi  Musrenbang  Tidak harus Dengan APBD  (Ilustrasi: ) Direktu LKP Ibnu Jandi S.sos MM paparkan konsep pembangunan tanpa APBD pada Nusrenbang Kec. Batuceper

Lenteranews, Tangerang – Guna mensinkronisasi skala prioritas perencanaan pembangunan untuk tahun 2019 yang berdasarkan kepada RPJMD melaui berbagai usulan kegiatan / program pembangunan. Pemerintahan Kecamatan Batu Ceper , Kota Tangerang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang dihelat diaula kantor Kecamatan Batu Ceper, Rabu,(14/2/2018).

Ada yang berbeda pada Musrenbang Kecamatan Batu Ceper tahun ini, Dimana pihak panitia mengundang secara khusus Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi S.sos MM sebagai narasumber. Al hasil kehadiran Ibnu Jandi melalui  pemaparan keilmuan dan pengalamannya  semakin menghidupkan suasana musyawarah pembangunan tersebu,t hingga melahirkan komunikasi yang interaktif  dengan audiens.

Berkat kepiawaiannya dalam perencanaan pembangunan , Ibnu Jandi memaparkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembangunan tidak mesti mengandalkan APBD.

“Dengan kondisi  SDM yang dimiliki masyarakat Kota Tangerang , Sudah saatnya realisasi pembangunan tidak bergantung pada APBD, Karena kalau kita mau menjalankan masih banyak potensi yang bisa dimanfaatkan,” Kata Ibnu Jandi.

Adapun potensi yang bisa dimanfaatkan  untuk pembangunan diluar APBD , Jandi meengungkapkan, “Salah satunya kita bisa melibatkan pihak swasta melalui program CSR untuk pembangunan, Seperti yang terdapat di Kampung Bekelir Babakan, Dimana pembangunannya menggunakan CSR,” ungkapnya.

Sontak saja pemaparan gamblang konsep pembangunan tanpa APBD yang dipaparkan Jandi mendapat respon dari semua audiens .

Salah satunya Dadang ketua RW 01 Kelurahan Kebon Besar yang mendapat pencerahan terkait realisasi keinginan warganya yang ingin memiliki Ambulance.

“Saya sangat tertarik dengan konsep pa Ibnu Jandi , terutama untuk saya pribadi dan masyarakat kebon besar , Dimana warga disana ingin memiliki Ambulance melalui CSR, Dikarenakan lingkungannya berada diantara perusahaan besar, semoga konsep ini bisa merubah partadigma dimasyarakat bahwa membangun bisa dilahirkan dengan kreatifitas dan kebersamaan dilingkungan masing-masing,” terang Dadang.

Sementara itu Camat Batu Ceper H. Nurhidayatullah, Sip. MSi.berharap  , Hadirnya narasumber Ibnu Jandi bisa memberikan kontribusi dalam perencanaan pembangunan.

“Semoga apa yang dipaparkan Pa Ibnu Jandi bisa mengedukasi kita semua, selain itu juga kita ingin menginginkan Musrenbang Kecamatan Batu Ceper lebih berkualitas,” harapnya.

Turut hadir pada musyawarh pembangunan tersebut , Kepala Bappeda Kota Tangerang, Anggota DPRD Provinsi Banten dan Kota Tangerang Muspika Kecamatan Batu Ceper, Para Lurah se Kecamatan Batu Ceper dan Masyarakat.

Berita Lainnya