Pemilu 2019 Jumlah Kursi DPR RI Bertambah 15 Kursi

 
Kamis, 15/06/2017 20:34 WIB
Pemilu 2019 Jumlah Kursi DPR RI Bertambah 15 Kursi (Ilustrasi: )

Lenteranews – Tangerang—Jumlah Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sedianya  akan bertambah 15 kursi wakil rakyat dari beberapa provinsi di Indonesia pada Pemilu 2019. Hal itu sesuai dengan keputusan Panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu setelah dilakukan lobi-lobi seluruh fraksi bersama unsur eksekutif yang diwakili Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.Kamis (15/52017).

Keputusan itu sudah disahkan Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy dalam rapat pansus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, kemarin.

15 kursi tambahan itu masing-masing disebarkan untuk Sumatera Utara bertambah 1, Riau bertambah 2, Kepulauan Riau bertambah 1, Lampung bertambah 2, Kalimantan Barat tambah 2, Kalimantan Utara jadi 3 kursi. Selanjutnya Sulawesi Tenggara tambah 1, Sulawesi Barat tambah 1, Sulawesi Tenggara tambah 1, NTB tambah 1.

Meski sudah diputuskan, namun masih ada anggota Pansus RUU Pemilu yang tak setuju penambahan kursi dewan. Misalnya Johny G Plate, anggota Pansus RUU Pemilu dari Fraksi Nasdem. Ia menentang penambahan kursi karena dianggap belum menyebar ke seluruh Indonesia.

Penolakannya berlatar mulanya pemerintah memberikan simulasi di mana Papua bakal ditambah. Tapi, anggota pansus lainnya melihat Papua belum perlu ditambah lantaran jumlah penduduk masih sedikit dibanding Kalimantan Barat.

Sebelumnya, dalam rapat kerja Pansus RUU Pemilu dan Pemerintah, Senin, 29 Mei 2017 yang lalu sepakat penambahan kursi anggota DPR untuk pemilu 2019 menjadi 575 anggota, atau bertambah 15 anggota dari 560 anggota. (Sumber Okezone).

 

Berita Lainnya