Pasca Pengundian Nomor Urut Parpol, KPU Melanjuti Penyusunan Daerah Pemilihan

 
Senin, 19/02/2018 13:52 WIB
Pasca Pengundian Nomor Urut Parpol, KPU Melanjuti  Penyusunan Daerah Pemilihan (Ilustrasi: ) Pasca Pengundian Nomor Urut Parpol, KPU Melanjuti Penyusunan Daerah Pemilihan

Lenteranews – Pasca pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melanjuti tahapan dengan penetapan penyusunan daerah pemilihan (dapil), Hal ini diutarakan Komisioner KPU Hasyim Asyati , di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

" KPU akan menyusun dapil berdasarkan jumlah penduduk dan perubahan wilayah , untuk DPR, provinsi kabupaten/kota, kalau sudah ketahuan dapil, kan kemudian orang bisa nyalon di dapil mana, setelah itu ada pencalonan," ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari

Perubahan jumlah penduduk yang signifikan serta perubahan wilayah akan mempengaruhi perubahan dapil.

“Mekanismenya berdasarkan jumlah penduduk, apakah ada perubahan jumlah yang signifikan, apakah ada perubahan wilayah administrasi yang signifikan. Kalau ada kan kemudian bisa berpengaruh ke susunan dapil, namun jika jumlah penduduk tidak berubah secara signifikan, artinya tidak mempengaruhi alokasi kursi di DPRD kabupaten/kota, serta  tidak ada perubahan wilayah” lanjut Hasyim.

Sedianya dalam penyusunan dapil, KPU akan dibantu dengan KPU provinsi, kabupaten/kota. Dimana KPU provinsi, kabupaten/kota akan memberikan rekomendasi terkait daerah yang akan dijadikan tempat pemilihan dengan berdasarkan uji publik.

Seperti diketahui tahapan penyerahan usulan dapil oleh KPU provinsi, kabupaten/kota ini telah dilakukan sejak 14 Februari 2018. Jadwal ini sesuai Peraturan KPU 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya