Dana Parpol Naik Rp 111 M, Demokrat: Bukan untuk Money Politic

 
Rabu, 5/07/2017 13:08 WIB
Dana Parpol Naik Rp 111 M, Demokrat: Bukan untuk  Money Politic   (Ilustrasi: )

Lenteranews – Tangerang--Pemerintah berencana menaikkan dana bantuan untuk partai politik Rp 111 miliar. Partai Demokrat akan memanfaatkan kenaikan itu untuk kaderisasi dan berjanji tidak menggunakannya untuk politik uang. 

"Memang dikhususkan hanya untuk dana pembinaan parpol. Jadi notabene adalah untuk kaderisasi. Sehingga memang dana itu sekarang pun juga sudah ada walaupun besarannya Rp 108 itu, itu juga untuk pembinaan parpol," ujar Wakil Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2017). 



Agus menegaskan jika dana bantuan parpol tidak boleh dipergunakan untuk membeli gedung ataupun kendaraan. Dana bantuan pun harus diaudit oleh auditor independen. 

"Jadi kalau untuk beli mobil ya nggak boleh, untuk beli gedung juga nggak boleh. Dan dana ini auditable harus diaudit oleh auditor independen, yang nanti disampaikan kepada KPU dan tentunya nanti bisa dilihat di website jadi semua bisa melihat dana yang telah disampaikan oleh parpol," tegasnya. 


Ia menjelaskan dengan kenaikan dana parpol dapat mempermudah melaksanakan kaderisasi hingga tinggkat ranting atau kelurahan. Jadi bisa mencakup jajaran hingga bawah. 

"Ini menjadi kemudahan dari parpol untuk melaksanakan kaderisasi. Karena dengan dana yang mencukupi tentunya akan menjadi mempunyai kekuasaan, karena pendidikan parpol yang diharapkan harus sampai kepada tingkat jajaran ranting, yaitu kelurahan," jelas Agus. 

"Sehingga memang kalau dananya diberikan sebesar itu barangkali pembinaan parpol bisa sampai ke jajaran yang terbawah yang ada di parpol," sambung dia. 

Agus menjamin kenaikan dana parpol ini tidak akan digunakan untuk politik uang. "Kalau money politic rasanya jauh dari money politic karena dana ini dikhususkan untuk pembinaan parpol. Sehingga pembinaan kader menggunakan dana ini. Tidak boleh dipergunakan untuk yang lain," tutup Agus. (Sumber detik.com).

Berita Lainnya