Tangkal Kecurangan Pemilu Melalui Pemahaman, Panwaslu Kota Tangerang Libatkan Komunitas

 
Rabu, 29/11/2017 13:34 WIB
Tangkal Kecurangan Pemilu Melalui Pemahaman, Panwaslu Kota Tangerang Libatkan  Komunitas (Ilustrasi: ) Sosialisasi Panwaslu Kota Tangerang dengan Komunitas

Lenteranews, TANGERANG – Masih kurangnya pemahaman Pemilu dari sisi pengawasan pada masyarakat , khususnya di kalangan komunitas yang ada di Provinsi Banten , Menjadikan Panwaslu Kota Tangerang mengandeng para Komunitas pada tahapan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pada Pemilihan Umum Anggota DPR, DPRD , Pemilihan Presiden dan Kepala Daerah, yang dihelat oleh Panwalu Kota Tangerang bertempat  di Rumah Makan Bambu Ujo , Kelurahan Neglasari Kota Tangerang.

“Kita memberikan transpormasi administrasi dan teknis terkait pengawasan Pemilu pada teman – teman Komunitas  , dengan tujuan agar masyarakat lebih berperan aktif menjadi bagian pengawasan dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan Pemilu, guna melahirkan Demokrasi dan pemimipin yang berkualitas” Kata Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslih , Rabu,(29/11/2017).

Semetara itu para Komunitas yang hadir mengaku baru kali ini mendapatakan pencerahan mekanisme Pemilu yang sebenarnya.

“Sudah beberapa kali mengikuti pemilihan umum , baru kali ini mendapat undangan sosialisai  Pemilu , dimana sebelumya kita hanya mengetahui kalau Pemilu itu untuk mencoblos, tetapi dengan adanya sosialisasi ini, kita jadi tahu pemahaman Pemilu yang sebenarnya” Kata Petek salah seorang yang mewakili Komunitas  yang hadir.

Terkait Sosialisasi Pemilu dengan Komunitas  mendapat tanggapan serius dari Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi S sos MM yang turut menjadi pemateri diacara tersebut.

“Keterlibatan Komunitas menjadi bagian terkuat pada sisi pengawasan,  dikarenakan unsur keterwakilannya dari masyarakat langsung, sekaligus bisa menjadi garda terdepan suksesi pengawasan Pemilu” tutur Jandi.

Sedianya Sosialisasi Pemilu yang diadakan Panwaslu Kota Tangerang menghadirkan puluhan berbagai macam kalangan Komunitas , diantaranya; Komunitas Pustaka Jalanan, Komunitas Tengger, Komunitas Out Sider , Komunitas Seniman dan lain sebagainya.

Berita Lainnya