LKP Ingatkan KPU ,RT dan RW Ujung Tombak Demokrasi di Masyarakat

 
Selasa, 3/04/2018 07:30 WIB
LKP Ingatkan KPU ,RT dan RW Ujung Tombak Demokrasi di Masyarakat (Ilustrasi: ) Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi S.sos MM menjadi pemateri sosialisasi Pilkada Kota Tangerang di Kampung Bekelir

LenteraNews, TANGERANG -  Sesungguhnya ujung tombak Demokrasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan lingkungannya adalah  peran serta RT dan RW . Hal ini diutarakan Direktur Lembaga Kebijakan kan Publik (LKP) Ibnu Jandi S.sos. MM saat  menjadi narasumber pada  Sosialisasi Pengurus RT dan RW Pemiihan Walikota dan Wakil Wali Kota Tangerang Tahun 2018 yang dihelat di Kampung Bekelir, RW 01, Kelurahan Babakan , Kota Tangerang,Pada Senin,(2/4/2018) malam.

"Jangan pernah menyepelekan peran RT dan RW dalam mensukseskan pesta demokrasi , karena pada sejatinya, suksesi pesta demokrasi khususnya partisipasi pemilih ada dipundak RT dan RW , ditangan merekalah wawaran serta ajakan bisa didengar dan ikuti oleh masyarakat ,"Tutur Jandi  yang juga inisiator Kampung Bekelir .

Pilkada, Menurut Jandi   merupakan sarana edukasi politik yang memberikan pencerahan kepada masyarakat diantaranya dengan mendatangi  TPS guna  menggunakan hak pilihnya dalam berdemokrasi

”Hanya RT dan RW lah yang paling didengar untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat datang ke TPS," terang Jandi.

Selain memiliki kewajiban melayani masyarakat langsung , Jandi melanjutkan   ,RT dan RW  memiliki peran yang sangat vital dan strategis .

"Bukan hanya  meningkatkan partisipasi pemilih,  ditangan para RT dan RW lah  Pilkada yang berkualitas dapat terealisasi , Oleh sebab itu  jangan sampai perannya  disalah gunakan menjadi alat investasi politik , jadi untuk para pengurus RT dan RW  gunakanlah jabatan sebaik - baiknya dengan mengedepankan taat azaz," pesan Jandi.

Sementara itu  Ketua KPU Sanusi Fane meminta tolong kepada   ketua RT RW untuk lebih intensif  mensosialisasikan Pilkada kepada warganya.

"Terkait pilihan itu hak demokrasi masing - masing , akan tetapi saya meminta kepada RT dan RW agar bisa mengajak warganya  untuk datang ke TPS pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang ," harap Sanusi.

Kegiatan Sosialisasi Pilkada Kota Tangerang ini dihadiri puluhan warga serta  seluruh pengurus RT dan RW Kelurahan Babakan beserta Lurah Babakan dan  para penyelenggara Pilkada Kota Tangerang 2018.

 

Berita Lainnya