Lewat Jalur Partai, KPU Berikan Tiga Status Penerimaan Berkas Pendaftaran

 
Sabtu, 6/01/2018 13:05 WIB
Lewat Jalur Partai, KPU Berikan Tiga Status Penerimaan Berkas Pendaftaran (Ilustrasi: ) Komisiner KPU Kota Tangerang Banani Bahrul

Lenteranews, TANGERANG - Syarat pencalonan bagi pasangan yang ingin maju menjadi bakal calon wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang  2018 yang akan diusung Partai Politik wajib memiliki syarat administrasi , Dimana keabsahannya akan diteliti pada masa penelitian, yakni pada 10 hingga 16 Januari 2018. Jika belum memenuhi syarat (BMS), dapat dilengkapi pada masa perbaikan. Sementara syarat utama pencalonan wajib ada dan sah. Demekian hal itu diutarakan Komisioner KPU Kota Tangerang Banani Bahrul, Pada Lenteranews, Sabtu,(6/1/2017).

“Pada proses penerimaan pendaftaran, akan ada tiga status, yaitu diterima, dikembalikan untuk diperbaiki, dan ditolak,” Kata Banani. 

Ia menjelaskan, status diterima itu apabila secara kumulatif seluruh syarat calon ada dan seluruh syarat pencalonan ada dan sah. “Kategori sah dalam syarat pencalonan itu seperti partai politik atau gabungan partai politik membubuhkan tanda tangan asli dan cap basah,” ujarnya.  

Adapun status dikembalikan untuk diperbaiki, kata Bahrul, yaitu apabila salah satu syarat calon dan syarat pencalonan tidak terpenuhi dan masih cukup untuk dilakukan perbaikan dalam tenggat waktu pendaftaran. Dan, status ditolak itu, apabila syarat calon dan syarat pencalonan tidak terpenuhi dan tidak cukup waktu untuk dilakukan perbaikan.

“Karena itu, kami menyarankan, sebaiknya pendaftaran dilakukan bukan pada hari terakhir, apalagi di waktu mendekati akhir. Kendati demikian, hal tersebut sepenuhnya domain partai politik untuk menentukan,” pungkasnya.

 
Berita Lainnya