Bawaslu Bersama LKP : Pilkada Bukan Hanya Milik Penyelenggara

 
Minggu, 17/12/2017 07:00 WIB
Bawaslu Bersama LKP : Pilkada Bukan Hanya Milik Penyelenggara (Ilustrasi: ) Dirut LKP Ibnu Jandi S.sos MM berikan materi pada sosialisasi Bawaslu RI

Lenteranews, TANGERANG – Pemilihan Kepala Daerah serentak bukan hanya milik penyelenggara saja, melainkan milik semua komponen bangsa dalam menjalankan tatanan demokrasi, Hali ini dikatakan Komisoner Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal , pada Rakor Stakeholder Sinergi Penyelenggara Pemilu dan Masyarakat dalam Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 , yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI , bertempat di Hotel Grand Serpong, Kota Tangerang, Sabtu,(16/12/2017).

“Dalam rangka pengawasan partisifasi masyarakat , kita menginginkan koraborasi beberapa pihak dalam pencegahan dan pengawasan partisifasi” Kata Ali.

Selain dua puluh organisasi yangsudah dijadikan mitra kerja pengawasan, Bawaslu juga akan menggandeng pramuka.

“Dengan nama saka adiyaksa, Bahwa  berdasarkan penelitian , organisasi yang dianggap steril itu Pramuka,” sambung Ali,.

Sementara itu Komisioner KPU Banten Agus Supadmo yang hadir pada kesempatan tersebut, menyatakan bahwa Pemilu itu bukan sesuatu yang rumit.

“Pada sejatinya  pilkada itu suatu proses biasa dalam sistem bernegara,dalam menegakan demokrasi” Kata Agus.

Melihat kepada penindakan laporan pelanggaran pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 , yang dianggap belum maksimal , Direktur Lembaga Kebijakan Publik (LKP) Ibnu Jandi S.soso MM , yang menjadi pemateri pafda event Bawaslu tersebut, Menginginkan pada perhelatan Pilkada serentak 2018 di Provinsi Banten , Seyogyanya Penyelenggara lebih kooperatif dalam menerima laporan , baik yang administrasi maupun pidana Pemilu..

“Semoga pada perlehatan Pilkada Banten 2018 yang diikuti empat Kabupaten/Kota , Penyelenggara Pemilu bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal sesuai dengan amanat undang – undang Pemilu,” harap Jandi.

 

 
Berita Lainnya