Berikut Perbedaan Waktu Berpuasa Antar Benua

 
Kamis, 17/05/2018 09:48 WIB
Berikut Perbedaan Waktu Berpuasa Antar Benua (Ilustrasi: ) foto ilustrasi

Lenteranews – Sedianya umat muslim dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan pada hari ini. Dimana ibadah puasa tersebut dimulai sejak matahari terbit hingga matahari  tenggelam. Terdapat perbedaan waktu bagi umat muslim dunia dalam menjalankan ibadah puasa,Ada yang singkat, tetapi ada juga yang lebih lama berpuasa dibandingkan saudaranya di belahan dunia yang lain. Hal ini bergantung pada pada musim dan garis lintang tempat mereka tinggal. Dalam tiga tahun terakhir, waktu puasa rata-rata lebih lama, hal tersebut terjadi bertepatan dengan musim panas di Timur Tengah dan Asia Selatan.

Dilansir dari laman Morocco World News, Kamis 17 Mei 2018 berikut ini durasi waktu puasa Ramadan untuk tahun 2018.

Benua Eropa

Denmark akan menjalankan ibadah puasa sekitar 19 jam untuk tahun ini, atau turun 2 jam di tahun 2017 yakni selama 21 jam. Adapun Swedia, Islandia dan Norwegia, negara-negara Nordik masih akan tetap menjalankan 20 jam ibadah puasa.

Muslim di Belanda, Belgia dan Jerman akan berpuasa selama 18 jam, sementara mereka yang menjalankan ibadah puasa Ramadan di Spanyol akan berpuasa selama 17 jam.

Timur Tengah dan Afrika Utara

Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara akan mengalami jam puasa sedikit lebih pendek daripada di Eropa. Puasa akan terjadi selama 15 jam di Kuwait, Irak, Arab Saudi, Yordania, sedangkan di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya akan menjalani ibadah puasa selama 16 jam. Sementara di Sudan, umat Islam akan berpuasa selama 13 jam.

Benua Asia dan Australia

Di Asia, kebanyakan Muslim akan berpuasa selama 14 hingga 16 jam. Pakistan dan Bangladesh akan berpuasa selama 14 jam, sementara India akan berpuasa selama 15 jam. Umat muslim di Indonesia untuk tahun ini akan menjalankan ibadah puasa selama 13 jam. Australia, yang mendekati musim dinginnya, akan berpuasa selama 12 jam.

Amerika Utara / Selatan

Muslim di Amerika Serikat dan Kanada akan berpuasa selama 16 hingga 19 jam, tergantung pada lokasi persisnya. Sedangkan umat Muslim di Brasil dan Argentina akan berpuasa selama 12 jam.

 

Berita Lainnya