Panitia SBMPTN Menghapus Aturan Skor +4 dan -1

 
Selasa, 10/04/2018 14:31 WIB
Panitia SBMPTN Menghapus Aturan Skor +4 dan -1 (Ilustrasi: ) foto ilustrasi

Lenteranews – Metode pemberlakuan aturan skor 4 untuk jawaban benar, dan skor -1 untuk jawaban yang salah yang digunakan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi  dihapus. Hal ini dikatakan  Sekretaris Panitia Pusat SBMPTN Joni Hermana dalam keterangan tertulis, Selasa (10/4/2018).

"Penilaian terhadap SBMPTN 2018 tidak lagi menggunakan skor 4 (empat) untuk jawaban benar, skor 0 (nol) untuk yang tidak menjawab, dan skor negatif 1 (-1) untuk jawaban yang salah seperti pada SBMPTN 2017)," kata Joni.

Joni mengunkapkan metode penilaian SBMPTN 2018 tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan karakteristik setiap soal, khususnya tingkat kesulitan dan sensitifitasnya dalam membedakan kemampuan peserta. Dia menambahkan ada tiga metode penilaian yang dilakukan oleh Pansel dalam SBMPTN 2018 ini.

"Karakteristik soal yang diperoleh pada tahap II kemudian digunakan untuk menghitung ekor setiap peserta. Soal-soal yang akan mendapatkan bobot yang lebih tinggi dibanding soal-soal yang lebih mudah," ungkap Joni.

Dengan sistem yang diberlakukan sekarang ini , maka setiap peserta yang dapat menjawab jumlah soal yang sama dengan benar, akan dapat memperoleh nilai yang berbeda tergantung pada soal mana saja yang mereka jawab dengan benar.

Berita Lainnya