Dianggap Pungli , Kepala SDN 01 Buaran Tangsel Membantah

 
Senin, 2/10/2017 17:40 WIB
Dianggap Pungli , Kepala SDN 01 Buaran Tangsel Membantah (Ilustrasi: ) SDN 01 Buaran Tangsel

Lenteranews, TANGERANG -  Dianggap pungli , Beberapa program pengembangan sarana dan prasaran penunjang di lingkungan Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menjadi sorotan oleh awak media.

Perihal  tersebut di sanggah pihak sekolah, menurut Suradal, S.Pd selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SD 01 , anggapan tersebut tidak sesuai, sebab mulai dari perencanaan, program tersebut sudah dirapatkan oleh Komite sekolah, dan para wali murid, dengan berpedoman pada prosedur yang ada.

"Secara kronologi, sangkaan adanya pungutan yang dianggap tidak sesuai itu, atas dasar adanya surat pemberitahuan kita kepada beberapa orang tua yang tidak hadir dalam rapat komite, mengenai perihal sumbangan untuk beberapa program pengembangan sarana prasarana sekolah. Sementara, program tersebut, sudah dirapatkan sebelumnya dengan orang tua wali murid bersama komite sekolah, dimana hampir semua orang tua setuju atas program tersebut," jelas Suradal, saat di temui di ruangannya, di SD Negeri Buaran 01, Jl. Buaran Viktor, Buaran, Serpong (02/10/2017). 

Suradal melanjutkan, sumbangan yang dimaksud untuk beberapa sarana dan prasarana, antara lain pembuatan taman, tempat parkir, tempat sampah, tempat bermain siswa (Saung), perbaikan gerbang sekolah, dan perlengkapan sarana olahraga.

"Dari rapat yang dilakukan secara bertahap dan memenuhi forum itu, menghasilkan persetujuan bersama terhadap program pengembangan tersebut, dengan melihat pentingnya sarana dan prasarana penunjang sekolah, yang tidak masuk dalan usulan anggaran kegiatan di dinas. Lalu, rapat tersebut membentuk paguyuban sebagai pelaksana kegiatan, yang kemudian menunjuk beberapa orang tua murid sebagai tim pelaksana," tambah Suradal.

Untuk diketahui, Peraturan Menteri Nomor 75 Tahun 2016 tentang komite sekolah menjelaskan, Komite sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan, dalam bentuk bantuan dan/atau sumbanga, bukan pungutan.

Secara terpisah, beberapa perwakilan orang tua wali murid, menjelaskan kepada wartawan soal program, yang diusulkan oleh para orang tua, yang menurut mereka sarana dan prasarana dianggap penting dan sangat dibutuhkan.

"Program pengembangan ini awalnya dari keinginan orang tua murid yang kita sampaikan kepada komite, jadi ini murni usulan dari orang tua murid, melihat sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai," ujar Ketua Paguyuban Orang Tua murid SD Buaran 01 Dyah Susanti, warga Babakan, Rt 01/Rw 4, yang juga sebagai Ketua pelaksana.

TAG Tangsel
Berita Lainnya