Soal Smart City, Ini Kata Wali Kota Tangerang

 
Senin, 7/08/2017 00:00 WIB
Soal Smart City, Ini Kata Wali Kota Tangerang (Ilustrasi: ) Pemaparan smart city Wali Kota Tangerang

Lenteranews, TANGERANG - Perkembangan teknologi informasi harus disikapi dengan cerdas, terutama oleh aparat selaku pemangku kebijakan.

"Dunia semakin cepat berubah dan kita harus mampu menyikapi ini semua terutama terkait dengan pelayanan publik," ujar Wali Kota Arief R. Wismansyah saat membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan Mastel Plan Kota Tangerang menuju Smart City 2017 yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah, Senin (07/08/2017).

Konsep Smart City, lanjut Wali Kota menuntut adanya perubahan maindset tidak hanya dari masyarakat namun yang lebih utama adalah para pejabat dan aparat di lingkup Pemkot Tangerang.

"Bukan hanya kotanya yang harus cerdas, kita pejabatnya yang harus kudu cerdas," tegasnya.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa kedepan, pengembangan Smart City di Kota Tangerang harus bertumpu pada efektifitas pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi geo spasial. Sehingga diharapkan dengan penetrasi teknologi informasi yang lebih canggih, setiap program pembangunan bisa berjalan tepat sasaran dan lebih efektif dan efisien.

"Pengembangan Smart city di Kota Tangerang terbagi dalam tiga tahapan, pertama Smart City 1.0 dimana kita mengintegrasikan setiap aplikasi pelayanan yang telah terbangun, kemudian disusul dengan Smart City 2.0 dimana program kita cerdas kita terfokus untuk peningkatan pelayanan publik, dan saat ini kita sedang mengembangkan smart city 3.0 yang memanfaatkan teknologi geo spasial sehingga pelayanan publik yang kita lakukan bisa tepat sasaran," terangnya.

Berita Lainnya