Wali Kota Tangerang Gelar Deklarasi Sekolah Adiwiyata

 
Senin, 18/12/2017 17:08 WIB
Wali Kota Tangerang Gelar Deklarasi Sekolah Adiwiyata (Ilustrasi: )

Leneranews, TANGERANG - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menghadiri acara Deklarasi Adiwiyata di Lapangan Ahmad Yani, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang Kota Tangerang pada Senin (18/12/2018).

Dalam pernyataan program pendidikan lingkungan hidup itu, sebanyak 40.000 siswa dan guru se-Kota Tangerang turut memadati Alun-Alun Kota Tangerang. Mereka berkumpul bersama-sama menyatukan visi dan misi untuk cita-cita pembangunan yang berkelanjutan dalam ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika di masyarakat.

Saat acara, Wali Kota Tangerang mengatakan bahwa program sekolah Adiwiyata harus terus dilaksanakan. “Kita terus mensosialisasikan gerakan sekolah Adiwiyata, semoga terbangun komitmen bersama antara seluruh pelajar, pembina, pendidik, pengawas bagaimana membudayakan masyarakat untuk bergaya hidup berwawasan lingkungan,” paparnya.

Selain itu, program sekolah Adiwiyata juga merupakan bagian dari mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat kepada orang tua siswa.

“Kita berupaya mendorong peran orangtua membudayakan gaya hidup yang berwawasan lingkungan. Jadi kami terus mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka mewujudkan kota yang layak huni,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan deklarasi ini bertujuan untuk menancapkan semangat berprilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Wujud hidup bersih mulainya harus ada semacam penancapan, jadi deklarasi ini ditancapkan, walaupun sekolah kita ini sudah separuh lebih sekolah kita Adiwiyata, tapi ini tetap harus digelorakan,” ujar Abduh Surahman.

Dalam penjelasannya, Abduh juga mengatakan, banyak sekolah yang sudah menyadari akan pentingnya menerapkan Adiwiyata disekolah.

“Misalkan saja tadi kita lihat peserta banyak yang menggunakan pakaian daur ulang, ini menyenangkan, dalam menancapkan mindset kebersihan itu berarti mereka sudah memiliki semangat itu,” ucapnya.

Dirinya pun tengah menunggu penilaian Dinas Lingkungan Hidup untuk membuat seluruh sekolah di Kota Tangerang bersatu Adiwiyata.

“Kita nunggu penilaian DLH kepada sekolah yang belum, karena target kami akhir Desember semua sudah Adiwiyata, cuma tergantung nih DLH kapan akan nilai, kita nunggu mereka,” kata Abduh.

Berita Lainnya