Kerja Sama Kemenag dan Kemendagri , Nikah Wajib Gunakan KTP Elektronik

 
Minggu, 12/11/2017 15:06 WIB
Kerja Sama Kemenag dan Kemendagri , Nikah Wajib Gunakan KTP Elektronik (Ilustrasi: )

Lenteranews – Sebagaimana tertera pada perjanjian kerjasama antara Ditjen Kependudukan dan Pencatatatn sipil (Dukcapil) Kementerian dalam negri dengan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama , Bahwa salah satu klausal Kerja sama tersebut mengatur  Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan hanya akan melayani pencatatan nikah pasangan calon pengantin (catin) yang sudah memiliki KTP Elektronik (KTP-el) dengan tidak mempertimbangkan tempat penerbitan KTP-el, sebagai bentuk ketunggalan data kependudukan di Indonesia.

“Kerjasama ini membutuhkan dukungan anggaran, agar ketersediaan jaringan komunikasi data antara Dukcapil dan KUA Kecamatan terkoneksi”kata Kepala Subdit Mutu, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Anwar Sa'adi . Sabtu,(11/11/2017)

Sedianya terkait ketersedian insprastruktur jaringan internet yang belum semua dimiliki oleh KUA Kecamatan, Anwar melanjutkan, “Bagi KUA yang belum terkoneksi internet bisa menggunakan KTP non elektronik”katanya.

Berdasarkan data Jumlah KUA sebanyak 5.707 se Indonesia ,Anwar menerangkan, “Hanya 2.858 yang sudah terkoneksi dengan internet , sisanya kita akan bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun insprastrukturnya”terangnya.

Perjanjian kerjasama ini dibuat berdasarkan MOU yang sudah dilakukan pada tahun 2015 PKS, tentang pemanfaatan NIK dan data kependudukan dengan masa berlaku hingga Juli 2020 dan kemudian dapat diperpanjang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Republika.co.id

Berita Lainnya