AP II Lakukan MoU Pengembangan dan Pengelolaan Bandara Wirasaba Banyumas

 
Jum`at, 17/11/2017 17:12 WIB
AP II Lakukan  MoU Pengembangan dan Pengelolaan Bandara Wirasaba Banyumas (Ilustrasi: ) AP II Lakukan MoU Pengembangan dan Pengelolaan Bandara Wirasaba Banyumas

Lenteranews, TANGERANG –  Lakukan pengelolaan dan pengembangan Bandara Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah, PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan penandatanganan  nota kesepahaman (Memorandum of Understanding), Jum’at,(17/11/2017).

Adapun MoU ini merupakan langkah awal bagi seluruh pihak dalam bekerjasama guna menghadirkan penerbangan sipil di Bandara Wirasaba, untuk mendukung perekonomian, perdagangan dan pariwisata serta memperluas konektivitas udara bagi masyarakat di Provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, “AP II menyambut baik terlaksananya MoU di antara para pemangku kepentingan di Bandara Wirasaba ini. Secara umum, melalui MoU ini maka para pihak melakukan pembahasan lebih detail terkait dengan pengelolaan dan pengembangan Bandara Wirasaba oleh AP II, yang di mana saat ini TNI merupakan Kuasa Pengguna Barang Milik Negara tersebut atau pemilik sebagai pemilik lahan eksisting.” Kata Awaludin

“Lebih lanjut, AP II telah memiliki sejumlah rencana pengembangan guna memaksimalkan potensi yang dimiliki Bandara Wirasaba guna berperan dalam kemajuan Provinsi Jawa Tengah,” sambungnya.

Sejumlah rencana yang diusulkan tersebut adalah pengembangan landas pacu atau runway dari eksisting 850 m x 50 m menjadi 2.000 m x 45 m dan pembangunan terminal penumpang pesawat seluas 2.000 m2, di mana hal ini untuk mengakomodir penerbangan Boeing 737 series atau Bombardier serta melayani sekitar 200.000 penumpang per tahun.

Bandara Wirasaba sebagai salah satu Pangkalan Udara TNI AU memiliki lokasi yang cukup dekat dengan Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan Wonosobo.

Dimana Banyumas dengan Ibukota Kabupaten Purwokerto merupakan pusat perdagangan di Jawa Tengah bagian barat.

“Difungsikannya Bandara Wirasaba untuk melayani penerbangan sipil guna mendorong peningkatan industri” pungkas Awaludin.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Pemkab Purbalingga Tasdi, Kepala Staf TNI AU yang diwakili oleh Asisten Logistik Marsekal Muda TNI Yadi Husyadi, dan Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto.

Berita Lainnya