KPK Akan Undang Sekda Banten Belajar Untuk Tidak Korupsi

 
Rabu, 13/01/2016 07:25 WIB
KPK Akan Undang Sekda Banten Belajar Untuk Tidak Korupsi (Ilustrasi: )

LenteraNews – Nasional - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menjalankan program terpadu pencegahan dan penindakan korupsi. Pada kegiatan pertama ini, lembaga antirasuah bakal mengundang enam Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh, Riau, Sumatera Utara, Banten, Papua dan Papua Barat.

"Ini kegiatan pertama terpadu pencegahan dan penindakan. Kita minta Sekda-nya ke KPK karena kita minta mereka manfaatkan apa yang ada. Kita mau minta penjelasan soal kekurangan," kata Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (12/1).

Dilansir dari halaman okezone.com. Pahala menjelaskan, rencana mengundang Sekda Provinsi Riau, Sumatera Utara dan Banten itu lantaran terdapat beberapa kasus korupsi yang mencuat. Sementara itu, untuk Sekda Provinsi Aceh, Papua dan Papua Barat diundang lantaran terdapat dana otonomi khusus yang cukup besar.

"Tiga pertama kasusnya banyak, tapi tiga terakhir ada dana otsus yang lumayan besar. Kita akan undang dengan penindakan dan juga dengan Kemendagri. Kita dengar apa problemnya," ungkapnya.

Menurut dia, undangan kepada enam Sekda wilayah lantaran adanya potensi-potensi penyelewengan anggaran daerah. Pasalnya, di tiga daerah otonomi khusus itu, banyak pengaduan dari masyarakat yang masuk ke KPK.

"Ya, namanya diundang pasti akan ada potensi itu. Sebelum Januari ini abis kita akan panggil enam provinsi itu. Kita undangan Sekda-nya," tukasnya. Red

Berita Lainnya