Hasil Upskilling, BNP2TKI Akan Melepas Ratusan Pekerja Imigran Indonesia

 
Rabu, 13/12/2017 17:05 WIB
Hasil Upskilling, BNP2TKI Akan Melepas Ratusan Pekerja Imigran Indonesia (Ilustrasi: ) Hasil Upskilling, BNP2TKI Akan Melepas Ratusan Pekerja Imigran Indonesia

Lenteranews, SERANG - Dalam kegiatan Silaturahmi pekerja Migran Indonesia yang rencananya akan di selenggarakan di GOR Mauluna Yusuf Serang Banten, Sebanyak 715 orang calon pekerja migran Indonesia akan dilepas langsung oleh Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, (14/12/2017).

Acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Buruh Migran Internasional yang jatuh pada 18 Desember 2017. Dengan Bertemakan Pekerja Migran Indonesia Terampil dan Bermartabat, Nusron Wahid menyampaikan, bahwa BNP2TKI telah menjalankan program upgrading skill sebagai exit strategy dari moratorium dan atau penghentian secara permanen  penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri sektor PLRT ke Timur Tengah.

“Ini merupakan  program prioritas nasional dari BNP2TKI di tahun 2017," kata Nusron Wahid.

Nusron Wahid menambahkan, Upgrading skill adalah program untuk meningkatkan kualitas, kemampuan dan kompetensi dari Calon TKI melalui pelatihan untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh negara tujuan  Penempatan.

Nusron Wahid lebih lanjut, bahwa dengan telah mengikuti upgrading skill, para calon TKI sudah mempunyai keterampilan dan kompetensi, sehingga mereka tidak menjadi TKI informal lagi, dan  memperoleh jaminan bekerja di tempat kerja yang berbadan hukum.

Pada tahun 2017 program upgrading  skill diselenggarakan  pada 7 (tujuh) wilayah Satker yaitu BP3TKI Jakarta, BP3TKI Bandung, BP3TKI Semarang,  BP3TKI Yogyakarta,  BP3TKI Bali,  LP3TKI Surabaya,  dan BP3TKI Mataram.

Nusron Wahid mengatakan bahwa kemampuan kerja (hard skill) tenaga kerja dari Indonesia sudah baik dan terkenal ditingkat dunia. Namun, ada satu hal yang kurang yaitu selalu kalah dari sisi soft skill-nya yaitu kemampuan bahasa asing kususnya bahasa Inggris, misalnya. Untuk itu, perlu dipersiapkan dengan matang sebelum berangkat bekerja ke luar negeri.

“Ada beberapa sektor dimana TKI banyak dicari karena kehandalannya, antara lain sektor perawat dan hospitality yang handal karena keramahannya, lalu ada welder atau ahli pengelasan,” ungkap Nusron.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas BNP2TKI, Servulus Bobo Riti menyatakan bahwa sebelumnya, Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, telah melepas sebanyak 560 Calon TKI lulusan upgrading skill ke luar negeri pada Oktober 2017 di Jakarta.

Dalam acara Silaturahmi Pekerja Migran Indonesia yang akan dilaksanakan di Serang, akan hadir ribuan calon Pekerja Migran Indonesia peserta upgrading skill dari berbagai daerah antara lain, Serang, Jakarta, Cirebon, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Medan, kemudian dari Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) Jabar, Jateng, Jatim, Lampung,  NTB serta dari LSM/NGO.

TAG BNP2TKI
Berita Lainnya