Menuju Forum Pelajar Indonesia 2014

Thursday, January 9th 2014. | Berita Nasional, Pendidikan
Menuju Forum Pelajar Indonesia 2014. (JT)

Menuju Forum Pelajar Indonesia 2014. (JT)

Setelah suskes digelar akhir Desember lalu, Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-6 tahun mempersiapkan helatnya yang ke-6 pada 13-17 Agustus 2014 mendatang.

Kini, ajang tahunan yang menyediakan ruang seluas-luasnya bagi pelajar tingkat SMA, SMK ataupun MA untuk berkreasi dan berinovasi menyampaikan ide dan gagasan mereka sebagai pelajar yang diprakarsai oleh Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) membuka tahap seleski dan akan diumumkan di minggu kedua bulan Januari.
“Info lebih lanjut bisa cek website http://www.isyf.or.id/, twitter @ISYF_INA, atau facebook ‘Forum Pelajar Indonesia’,”ujar Direktur ISYF, Fajar Kurniawan.

FOR ke-5 yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 18-22 Desember 2013 diikuti 268 pelajar terbaik Indonesia yang terpilih setelah mengikuti seleksi yang ketat dan berhasil menyisihkan lebih dari 2.000 pelajar. Kegiatan ini memang sudah berakhir, tapi memberikan kenangan dan pengalaman yang berharga bagi pelajar yang bisa mengikuti kegiatan tersebut.

FOR-5 01“Alhamdulillah, kegiatan ini sarat dengan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi kami pelajar dari daerah,” kata Yuditha Pratiwi, perwakilan delegasi Provinsi Bengkulu.

Baginya, tambah Yuditha, bisa ikut dalam itu sebuah kesempatan yang langka. “Selain bisa bertemu dengan pelajar se-Nusantara, kami disini belajar berinovasi, kreatif dalam menyampaikan gagasan, ide sebagai pelajar,” kata siswi kelas XI Sekolah Menengah Atas 2 Provinsi Bengkulu ini.

Yuditha memaparkan, Provinsi Bengkulu mengirimkan 20 delegasi dari berbagai SMU di provinsi itu dalam ajang pelaksanan FOR ke-5 lalu. Pelaksanaan FOR ke-5 yang diketuai oleh Fikri Muh. Khoirul Insan, bekerjasama dengan 15 orang volunteer terpilih dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Di hari pertama penyelenggaraan FOR ke-5, 18 Desember 2013, diadakan orientasi program yang dibawakan oleh Founder sekaligus Direktur ISYF, Fajar Kurniawan di Auditorium Graha Wisata Ragunan yang dihadiri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujarnya.

Selama lima hari, sambung Yuditha, ratusan pelajar terpilih se-Indonesia dipadati berbagai kegiatan seperti Focus Group Discussion (FGD) 1 dengan materi Merah Putih Gaya Gue (MPGG). “Kegiatan ini untuk memberikan pengarahan awal mengenai projek sosial yang akan dilaksanakan di provinsi setiap delegasi nantinya,” ujarnya lagi bersemangat.

Ditambahkannya, Para peserta juga mendapat kesempatan bersenam pagi bersama Menteri BUMN, Dahlan Iskan di lapangan Monas. Berdiskusi dengan Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan dan Calon Presiden Aburizal Bakrie.

Pada hari terakhir, seluruh delegasi nonton bareng film Soekarno di XXI Blok M Plaza langsung bersama sutradara film tersebut, Hanung Bramantyo. (JT)

Related For Menuju Forum Pelajar Indonesia 2014