Menag Buka Pioner VI di Banten

Monday, August 19th 2013. | Berita Nasional

PIONIR PTAINMenteri Agama (Menag), Suryadharma Ali membuka Pekan Ilmiah, Olah Raga, Seni, dan Riset (PIONIR) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) VI 2013 tingkat nasional di Kota Serang, Senin, 19 Agustus 2013.

Acara seremonial pembukaan yang digelar di GOR Stadion Maulana Yusuf Kota Serang itu diawali dengan defile para kontingen dari 53 PTAIN se Indonesia. Hadir dalam kesempatan tersebut Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Dede Rosyada, Sekda Provinsi Banten Muhadi, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Banten, Bupati Serang H.A. Taufik Nuriman, perwakilan Pemerintah Kota Serang, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd dan Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten Prof. Dr. Syibli Sardjaya.

Pelaksanaan PIONIR PTAIN ke VI ini dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam setiap dua tahun sekali.

Dalam sambutannya Menag Suryadharma Ali mengatakan, agenda rutin PTAIN se-Indonesia ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kualitas pendidikan PTAIN yang unggul. Terutama dalam pengembangan di bidang riset, olah raga dan seni mahasiswa PTAIN se-Indonesia. Terutama dalam pengembangan di bidang riset, olah raga dan seni mahasiswa PTAIN se-Indonesia.

“ Saya bangga dengan mahasiswa yang berprestasi baik dalam riset maupun berprestasi dalam seni dan olahraga,” katanya.

Dijelaskan Suryadharma, mahasiswa adalah ujung tombak dalam mewujudkan masyarakat sejahtera, adil dan makmur. Untuk itu harus berprestasi agar mampu berkiprah di kancah nasional dan internasional.

“ PIONIR PTAIN ke VI diselenggarakan pada 19-24 Agustus 2013 di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, Serang. Event ini diikuti oleh 2.037 mahasiswa dan mahasiswi dari 6 UIN, 16 IAIN dan 31 STAIN di seluruh Indonesia,” katanya.

Di tempat yang sama, Sekda Banten, Muhadi saat menyampaikan sambutan Gubernur Banten mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten mengharapkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten sebagai penyelenggara Pionir VI PTAIN se-Indonesia mendapatkan kesuksesan sebagai penyelenggara, sukses meraih prestasi dan sukses dalam pertanggungjawaban.

Provinsi Banten Provinsi Ke-30 dan baru terbentuk tahun 2000 lalu. Namun, dalam usianya yang masih muda, Banten sudah dipercaya untuk menyelenggarakan berbagai hajatan tingkat nasional. Pada tahun 2008 lalu, Banten dipercaya sebagai tuan rumah MTQ Nasional. Sedangkan sekarang, melalui IAIN SMH Banten kembali dipercaya sebagai penyelenggara Pionir VI PTAIN se-Indonesia.

“ Ini merupakan suatu kebanggan bagi warga Provinsi Banten,” katanya.
Sehubungan dengan hal tersebut, lanjut Muhadi, pihaknya mengajak peserta untuk melihat-lihat dan mengenali Banten. Karena Banten merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang wajib diketahui oleh seluruh warga negara Indonesia.

Sementara itu, Rektor IAIN Prof. Dr. E. Syibli Sardjaya mengatakan tujuan meningkatkan minat, bakat dan prestasi mahasiswa dalam bidang olah raga, seni dan riset, serta membina ukhuwah Islamiyah antar PTAIN se-Indonesia. Selain itu, Pionir ini membantu pemerintah untuk meningkatkan prestasi olah raga.

Berbagai kontingen mahasiswa dari PTAIN se-Indonesia tersebut akan berlomba dalam ajang perlombaan ilmiah, olahraga, seni dan riset, dimana setiap PTAIN akan menampilkan kontingen terbaik mereka untuk meraih juara.

“ PIONIR PTAIN VI akan memperlombakan 16 perlombaan, perorangan dan beregu, yang terbagi menjadi empat cabang sebagai berikut, cabang ilmiah (debat Bahasa Arab, debat Bahasa Inggris dan Musabaqah Karya Ilmiah Al-Qur’an), cabang olah raga (futsal, volley ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat tebing dan pencak silat), cabang seni (musabaqah tilawah al-Qur’an, musabaqah hifdzil Qur’an, pop Islami, design busana muslim dan kaligrafi), dan cabang riset,” katanya.

Syibli menerangkan, bahwa Pionir akan memperebutkan 388 medali dari 16 cabang perlombaan. “ Lokasi pertandingan di antaranya adalah GOR Stadion Maulana Yusuf, kampus IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten dan lapangan futsal Radar Banten Arena,” pungkasnya. (And)

Related For Menag Buka Pioner VI di Banten