Makanan Era 70an Masih Jadi Menu Favorite Warga Tangerang

 
Sabtu, 16/09/2017 17:58 WIB
Makanan Era 70an Masih Jadi Menu Favorite Warga Tangerang (Ilustrasi: ) Laksa Tangerang - Foto : Ibnu

Lenteranews, TANGERANG - Jika kebetulan mampir ke kota Tangerang jangan lewatkan untuk mencicipi nikmatnya Laksa Tangerang. Pusat Kuliner laksa yang sangat tersohor dan berjamur di kawasan LP Wanita kota Tangerang ini , kini keberadaan  mereka telah dikumpulkan menjadi satu di kawasan kuliner Laksa Tangerang.

Letaknya pun tidak jauh dari sebelumnya, yakni tepat berada di ujung Jalan Mochammad Yamin, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, di samping LP Wanita Tangerang.

Nah, ada cerita menarik dibalik laksa yang menjadi warisan kuliner Tangerang tersebut.

Pada tahun 2010, Pemerintah Kota Tangerang membuat sebuah kedai bertajuk "Kawasan Kuliner Laksa Tangerang" yang berlokasi di jalan M Yamin, Tangerang.Dimana Keberadaan Laksa, menjadi salah satu warisan kuliner yang patut dilestarikan. Kawasan ini dibuat untuk mewadahi dan menjaga kelestarian makanan khas ini.

“Sebelum ada kawasan kuliner laksa yang digagas Pemkot , kita berjualan disepanjang jalan M. Yamin ini , dan terlihat tidak beraturan , tapi setelah adanya kawasan khusus kuliner laksa ini , kita para penjual laksa yang ada disini lebih terorganisir dan tertata “ kata Bewok salah seorang pedagang laksa disana. Sabtu,(16/9/2017).

Bukan hanya itu saja , pasca adanya relokasi para pedagang laksa yang diberikan tempat khusus berjualan oleh pemkot , berdampak pada kenaikan omset para pedagang

“Ada kenaikan yang cukup sigifikan , dikarenakan penambahan pengunjung yang merasa nyaman dengan penataan tempat sekarang ini , dimana sekarang sudah ada tempat parkir khusus, dan wifi gratis serta pasilitas penunjang lainnya untuk pengunjung disini “ terang Bewok.

Telah tertatanya pusat Kuliner laksa saat ini  , hingga membuat nyaman pengunjung yang datang dari berbagai daerah , Hal itu diungkapkan Samsudin asal Bekasi ,salah seorang pencinta laksa yang selalu menyempatkan mampir setiap minggunya di pusat laksa Kota Tangerang ini.

“Sambil menengok anak diasrama, Setiap minggunya saya pasti mampir disini , karena kebetulan ada anak saya yang sedang Sekolah sambil pesantren di Tangerang, kalau ke Tangerang belum makan laksa disini seperti ada yang kurang “ terang Samsudin.

Dikawasn Kuliner laksa ini terdapat sekitar  Delapan penjual Laksa Tangerang yang biasa disebut bang Kumis, bang Brewok, bang Kumis Bewok, bang Awing, bang Uu dan lainnya.

Komposisi  laksa kota Tangerang lebih sederhana, yaitu terdiri dari mi beras dengan kuah santan berisi kacang ijo, potongan kentang, serundeng, daun kucai, telur, serta sepotong ayam.

Laksa Tangerang  ini dibanderol dengan kisaran harga 10 ribu rupiah untuk campuran telur, dan 20 ribu rupiah untuk campuran ayam.

Berita Lainnya