KPU Cilegon Tetapkan 331 Caleg

Thursday, August 22nd 2013. | Politik

KPU logoSebanyak 35 kursi DPRD Kota Cilegon akan diperebutkan oleh 331 Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari 12 partai politik peserta Pemilu 2014. KPU Cilegon menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Caleg yang akan memperebutkan 35 kursi itu.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Cilegon, Habibi Haliburton memaparkan, dari 12 parpol peserta pemilu hanya empat parpol yang mencalonkan 35 caleg, antara lain Partai Golkar, Gerindra, PAN dan PPP. Sedang partai lainnya tidak memenuhi semua kuota, bahkan PKPI hanya mengusung tujuh caleg. “ Tetapi semuanya sudah memenuhi kuota 30 persen perempuan,” kata Habibi, saat rapat pleno penetapan DCT di kantor KPU Cilegon, Kamis 22 Agustus 2013.

Menurutnya, setelah ditetapkan, KPU akan mengumumkan nama dan foto para Caleg di media massa selama tiga hari berturut-turut. Ini, kata Habibi, bertujuan agar semua Caleg diketahui oleh masyarakat Kota Cilegon. “ Kita berikan kesempatan yang sama, selain di media massa, kami juga mengumumkan di kantor pemerintah seperti kelurahan dan kecamatan,” katanya.

Sementara Ketua KPU Cilegon, Fatullah Hasyim mengatakan, pada awalnya terdapat 340 Bakal Caleg (Bacaleg) yang didaftarkan ke KPU oleh parpol. Namun setelah diverifikasi tahap pertama hanya 333 Bacaleg yang memenuhi persyaratan. “ Setelah kita verifikasi lagi pada tahap kedua, yang benar-benar lolos akhirnya hanya 331 sebagaimana yang kita tetapkan ini,” katanya.

Menurutnya, KPU telah menjalani tahapan pemilu sudah hampir 50 persen. Setelah menetapkan DCT, KPU masih harus memutakhirkan data pemilih sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada September mendatang. “ Sekarang kita sedang terus memperbaiki daftar pemilih, kami terus mengimbau masyarakat kepada untuk aktif melihat namanya apakah termasuk sebagai pemilih atau belum,” katanya. (Boim)

Related For KPU Cilegon Tetapkan 331 Caleg