SD Negeri Kota Tangerang Raih Penghargaan Adiwiyata

 
Senin, 14/12/2015 20:01 WIB
SD Negeri Kota Tangerang Raih Penghargaan Adiwiyata (Ilustrasi: )

LenteraNews – Tangerang – Sejumlah Sekolah Dasar negeri di Kota Tangerang raih penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, penyerahaan Adiwiyata sendiri diberikan langsung Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya kepada para kepala sekolah masing-masing.

Sejumlah sekolah dasar yang meraih Adiwiyata  diantaranya SDN Tangerang 15, SDN Gondrong 4, SDN Total Persada, dan juga SDN Sangiang Jaya di Auditorium Manggala Wanabhakti, Jakarta, Senin (14/12).

Usai mendampingi para pemenang, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Dr. Liza Puspadewi, menyampaikan bahwa keempat sekolah ini berhasil mewakili Kota Tangerang setelah sebelumnya sukses melewati berbagai tahapan (baik administrasi hingga pengecekan kondisi di lapangan) mulai dari tingkat Kota, lalu Provinsi, sampai akhirnya masuk menjadi salah satu yang terbaik di tingkat nasional.

Dr. Liza menjelaskan, keempatnya selalu melakukan pembenahan dan juga perbaikan setiap kali mendapatkan masukan dari berbagai tahapan yang mereka lewati. Dirinya menekankan inilah yang menjadi bukti bagaimana keempat sekolah ini memiliki komitmen yang kuat terhadap lingkungan.

" Mulai dari Kepala Sekolah, guru, siswa, bahkan hingga petugas kebersihannya bisa menunjukkan keseriusannya untuk menjadikan sekolahnya menjadi sekolah adiwiyata." Tegas Liza.

Dirinya bahkan berani menjamin sekolah - sekolah yang berhasil mengikuti program Adiwiyata akan memiliki siswa mempunyai tingkat kreatifitas yang tinggi dan juga memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan bila dibandingkan dengan siswa di sekolah yang belum mengikuti Adiwiyata.

" Poin utama program (Adiwiyata) ini adalah kreatifitas, jadi salah besar bila masih ada (sekolah) yang beranggapan bahwa untuk mewujudkan program ini harus dengan anggaran." Tegas Dr.Liza.

BLH mencatat hingga tahun ini baru 168 sekolah di Kota Tangerang yang mengikuti sekolah Adiwiyata, dimana setiap tahunnya ada 30 sekolah yang diusulkan. Lewat data tersebut, Walikota Tangerang, H. Arief Wismansyah, yang sempat melepas keberangkatan rombongan di halaman kantornya, menyampaikan agar kedepan seluruh sekolah yang ada di Kota Tangerang dapat mengikuti program adiwiyata.

Menurutnya dengan mengikuti adiwiyata menunjukkan bahwa komitmen akan kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan juga ikut menjadi kesadaran dari seluruh pihak yang ada di Kota Tangerang.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh sekolah yang telah berhasil meraih adiwiyata, baik dari tingkat Kota, Provinsi, bahkan hingga Nasional untuk kemudian nanti dapat diikut sertakan ke tingkat mandiri. Untuk itu, dirinya juga meminta kepada jajarannya, khususnya BLH selaku leading sektornya untuk terus dapat melalukan pembinaan kepada seluruh sekolah baik yang telah berstatus adiwiyata ataupun yang belum mengikuti program adiwiyata.

" Kedepan saya mau tidak ada lagi sekolah yang tidak mengikuti program adiwiyata, karena tujuannya jelas untuk menjadikan sekolah yang ada di Kota ini menjadi lebih bersih dan tentunya lebih sehat." Tutup Walikota. Nis/Hms

Berita Lainnya