Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan

 
Senin, 30/04/2018 14:40 WIB
Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan (Ilustrasi: ) foto ilustrasi google

Lenteranews TANGERANG - Dalam pengobatan tradisional, bawang putih tunggal juga disebut dengan istilah Jawa bawang lanang. Sementara di barat, bawang putih tunggal lebih umum disebut solo garlic atau single clover garlic.

Manfaat bawang putih tunggal sangat beragam, terutama untuk organ tubuh, kulit, wajah, kuku, dan rambut. Apa saja manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan?

Berikut ini kami bahas selengkapnya manfaat bawang putih tunggal atau bawang lanang untuk kesehatan.

Menurunkan tingkat kolesterol, Mencegah masuk angin dan batuk, Meningkatkan kekebalan tubuh, Mengatasi diabetes, Mencegah kanker, Mengatasi asma, Menyembuhkan influenza, Mengobati wasir/ambeien,

1. Menurunkan tingkat kolesterol.

Dilansir Naturally Yours, bawang putih tunggal biasa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut hasil penelitian, bawang putih tunggal bisa menekan kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar trigliserida.

Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi 3 sampai 4 siung bawang lanang saat perut masih kosong.

2. Mencegah masuk angin dan batuk

Manfaat bawang putih tunggal atau bawang lanang yang lain adalah mencegah masuk angin dan batuk. Menurut hasil penelitian, konsumsi bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan risiko terkena masuk angin dan batuk sampai 50 persen.

Untuk mendapatkan khasiat bawang putih tunggal dalam mencegah masuk angin, gerus 2 siung bawang. Setelah itu seduh dengan air hangat dan minum.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain mencegah masuk angin dan batuk, konsumsi bawang putih tunggal atau bawang lanang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit-penyakit lain yang disebabkan virus. Ini disebabkan oleh khasiat alliinase dan alliin di dalamnya.

4. Mengatasi diabetes

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Allicin bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

5. Mencegah kanker

Dilansir HerbalFor, sulphide di dalam bawang putih tunggal dapat membantu liver untuk melawan pembelahan sel kanker yang tidak wajar.

6. Mengatasi asma

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih tunggal dalam mengobati asma, kombinasikan bawang yang sudah dihaluskan dengan madu.

7. Menyembuhkan influenza

Untuk penderita influenza, aroma menyengat dari bawang putih akan menstimulasi membran mokus. Dengan begitu pernapasan terasa lebih lega.

Dilansir Healing Herbal Information, bawang putih tunggal juga bisa diolah menjadi sirup pereda asma. Cukup rebus segenggam bawang putih bersama cuka dan gula, kemudian minum satu sendok setiap pagi.

8. Mengobati wasir/ambeien

Manfaat bawang putih tunggal atau bawang lanang yang tak kalah penting adalah meredakan wasir yang meradang. Olesan sari bawang lanang pada area anus akan membantu meredakan pembengkakan.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi pria dan wanita, terutama yang berkaitan dengan kesuburan.

  • Meningkatkan kadar estrogen pada wanita
  • Melancarkan sirkulasi darah dan menambah stamina untuk ibu hamil
  • Mencegah kelainan kromosom pada bayi
  • Mengatur hormon reproduksi pira
  • Mencegah rusaknya sperma
  • Melancarkan sirkulasi darah ke organ seksual

Manfaat bawang putih untuk wanita adalah meningkatkan kadar estrogen. Bawang putih berperan dalam membersihkan darah dan membantu sirkulasinya, sehingga wanita memiliki stamina yang baik untuk mengandung. Vitamin B6, vitamin C, dan selenium di dalamnya akan mencegah kelainan kromosom pada bayi yang dikandung. Dilansir Positive Med, konsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari sebelum ovulasi (masa subur) akan meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita.

1. Manfaat bawang putih untuk wajah dan khasiat menghilangkan jerawat

Sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong benar-benar higienis agar tidak terjadi transfer bakteri.

2. Manfaat bawang putih untuk telinga

Siapa sangka manfaat bawang putih juga bisa digunakan untuk perawatan telinga? Seperti dilansir situs kesehatan Livestrong, asam fosfor di dalam bawang putih rupanya dapat membunuh bakteri penyebab masalah di telinga. Begitu juga dengan sifat antijamur, antibakteri, dan antimikroba yang dimilikinya.

Bahan:

•           4 Siung bawang putih

•           1 Gelas minyak zaitun

Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk telinga:

  • Memarkan bawang putih yang sudah dikupas, kemudian rendam dalam minyak zaitun selama 1 jam.
  • Saring minyak zaitun, kemudian simpan di dalam lemari es.
  • Teteskan minyak zaitun sedikit demi sedikit ke telinga, kemudian letakkan kapas di sekelilingnya. Diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan secara seksama dengan kapas.

3. Manfaat makan bawang putih mentah di pagi hari

Konsumsi sesiung bawang putih mentah di pagi hari merupakan obat tradisional yang dipercaya sejak ratusan tahun lalu di Asia maupun Mediterania. Terlebih jika dikunyah selagi perut belum terisi apa pun. Apa manfaat bawang putih yang dimakan mentah di pagi hari?

Manfaat makan bawang putih mentah di pagi hari antara lain:

  • Meningkatkan sistem imun
  • Menurunkan hipertensi
  • Mengobati flu
  • Menurunkan kolesterol
  • Mencegah kanker
  • Detoksifikasi tubuh
  • Mencegah demensia
  • Menguatkan tulang
  • Mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan metabolisme
  • Menurunkan berat badan berlebih

Konsumsi bawang putih mentah dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, antara lain kanker kanker lambung, kanker rahim, dan kanker prostat. Pasalnya allicin di dalamnya akan membunuh sel kanker yang berlebihan. Antioksidan di dalam bawang putih juga akan membantu mencegah kerusakan sel yang jadi biang keladi penuaan dini dan demensia. Sementara kemampuannya dalam meningkatkan estrogen akan membantu mencegah keropos tulang pada wanita.

Manfaat bawang putih dan madu

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, bawang putih juga berkhasiat untuk membantu penurunan berat badan. DilansirBoldsky, allicin mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga sel-sel lemak bisa terbakar lebih cepat. Sementara antioksidan di dalamnya akan membantu menghancurkan timbunan lemak di dalam tubuh.

Kombinasikan dengan madu organik murni untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang maksimal. Dengan resep ini, berat badan bisa turun sampai tiga kilogram dalam satu bulan.

Berikut ini kami berikan resep untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam menurunkan berat badan.

Bahan:

•           1 Siung bawang putih

•           1 Sendok makan madu organik

•           1 Gelas air hangat

Cara membuat:

  • Potong-potong dan memarkan bawang putih, kemudian seduh dengan air hangat.
  • Tambahkan madu organik, kemudian aduk dan segera minum saat perut masih kosong.
  • Itulah cara mendapatkan manfaat bawang putih sebagai pengendali berat badan.

Manfaat bawang putih tunggal dan jahe merah

Jahe merah dan bawang putih tunggal atau bawang lanang merupakan dua bahan alami dengan beragam khasiat untuk tubuh. Jika dikombinasikan, keduanya akan menjadi tonikum yang ampuh untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan khasiat dari tonikum bawang putih tunggal dan jahe merah, rebus keduanya selama 15 menit. Kemudian minum airnya selagi hangat.

Manfaat bawang putih tunggal dan jahe merah antara lain:

  • Meningkatkan metabolisme dan membakar lemak
  • Memelihara kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung
  • 3.         Memperlambat proses penuaan
  • 4.         Meningkatkan kekebalan tubuh
  • 5.         Kompres untuk punggung yang sakit

Selain khasiat-khasiat di atas, manfaat bawang putih tunggal dan jahe merah adalah meredakan nyeri punggung. Gunakan ramuan bawang putih tunggal dan jahe merah untuk kompres di area punggung. Berikut ini resepnya.

Bahan kompres dari bawang putih tunggal dan jahe:

•           10 Siung bawang putih tunggal

•           1 Ruas jahe merah

Cara membuat:

1.         Kupas bawang putih tunggal dan jahe, kemudian haluskan.

2.         Urapi bagian punggung yang terasa sakit dengan ramuan. Kemudian tutupi dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan ramuan dari kulit dengan air hangat.

3.         Kompres dengan bawang putih tunggal dan jahe merah bisa dilakukan sehari sekali sampai sakit punggung tera sa membaik.

Demikian penjelasan mengenai aneka manfaat bawang putih dan bawang putih tunggal untuk kesehatan serta kecantikan. Harap diingat untuk tidak mengonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan. Konsumsi melebihi batas penggunaan dapat menyebabkan berbagai efek samping, antara lain mual, muntah, pusing, dan gangguan pada kehamilan. Konsumsi sewajarnya saja agar khasiat yang didapat juga maksimal.

Berita Lainnya