Man Jadda Wajada , Kampung Bekelir Babakan Mendapat Penilaian Kota Sehat Dari Kemenkes

 
Selasa, 19/09/2017 12:09 WIB
Man Jadda Wajada , Kampung Bekelir Babakan Mendapat Penilaian Kota Sehat Dari Kemenkes  (Ilustrasi: ) Kampung Bekelir mendapat penilaian Kota Sehat dari Kemenkes

Lenteranews, TANGERANG – Man Jadda Wajada mungkin ungkapan itu pantas disematkan untuk masyarakat Kampung Bekelir Babakan , Pasalnya berkat keuletan kerja keras dan kegotong royongan masyarakat setempat beserta lurahnya , Kini wilayah yang dahulu dicap sebagai kawasan kumuh sedang  telah berubah 180 derajat menjadi kawasan Kota Sehat mewakili Kota Tangerang untuk tingkat Nasional.

Kampung Bekelir  yang berada di Rw 01 Kel.Babakan , Kecamatan Tangerang  , Kota Tangerang yang telah  menjadi destinasi wisata mural dan grafiti , Kini didaulat sebagai Peserta Kota Sehat Tingkat Nasional, Hal itu dibuktikan dengan adanya kunjungan langsung dari tim penilaian  Kota Sehat tingkat nasional yang berasal dari Kementerian Kesehatan RI di Kampung Bekelir Babakan,  Selasa,(19/09/2017).

“ Dengan semangat membangun dan menata wilayah yang  mengedepankan gotong royong dan kebersamaan masyarakat yang ingin mewujudkan kampung sehat yang layak dikunjungi serta Kota pintar sesuai dengan Live city yang dicanangkan Kota Tangerang, atas dasar itulah  Kampung Bekelir Babakan berbenah , hingga masuk kategori sebagai peserta Kota Sehat Tingkat Nasional “ Kata Lurah Babakan H. Abu Sopiyan.

Bukan hanya itu saja , guna meningkatkatkan taraf perekonomian masyarakat disana terbentuklah Koperasi Bekelir Layak Investasi yang melibatkan peran serta masyarakat melalui UKM yang berpedoman pada konsep layak hidup dengan mengedepankan sipat guyub dan gotong royong , lanjut Abu .

Sebelum  menjadi peserta Kota Sehat Tingkat Nasional , Kampung Bekelir Babakan , sebelumnya dinobatkan sebagai Kampung PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Tingkat Nasional, Dimana peran serta masyarakat  Kampung Bekelir dalam mewujudkan hidup sehat  bisa dirasakan dalam kesehariannya.

Adapun kreteria penilaian Kota Sehat yang dilakukan  Kementerian Kesehatan , meliputi : Kawasan Pemukiman , Sarana dan Prasarana Umum , Sarana Lalu lintas dan Pelayanan Transportasi, Kawasan Pariwisata, Ketahanan pangan dan gizi, Masyarakat sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

Pada penilaian tingkat nasional  di Kampung Bekelir Babakan , tim penilai dari Kemenkes disambut langsung oleh masyarakat beserta Ketua dan Jajaran pengurus FKTS Kota Tangerang.

Berita Lainnya