Imunisasi Difteri, Puskesmas Sepatan Libatkan Semua Leading Sector

 
Jum`at, 15/12/2017 11:23 WIB
Imunisasi Difteri, Puskesmas Sepatan Libatkan Semua Leading Sector (Ilustrasi: ) Imunisasi Difteri yang dilakukan Puskesmas Sepatan di Pos Yandu RW 04 RT 07, Kelurahan Sepatan./foto: Rega Al Sepatani

Lenteranews, Tangerang – Pusat Kesehatan Masayarakat ( Puskesmas) Kecamatan Sepatan gelar imunisasi Difteri dengan melibatkan leading sector diwilayah kerjanya. Hal ini diutarakan Kepala Puskesmas Sepatan dr David Setiawan, pada Lenteranews, Jum’at,(15/12/2017).

“Kita melibatkan seluruhnya , dari mulai Kelurahan, Sekolah, Posyandu, sampai rumah sakit serta klinik swasta yang ada di Sepatan “ kata David.

Terkait pelaksanaan dan sasaran imunisasi difteri sendiri , David menerangkan, “Pelaksanaannya dimulai pada 6 Desember sampai dengan selesai , Dimana sasarannya mengikuti aturan Kemenkes dengan batasan usia 0 sampai 19 tahun” terangnya.

Sedangkan kasus difteri untuk Kecamatan Sepatan, David menambahkan, “Alhamdulilah tidak ditemukan, dan harapannya dengan imunisasi difteri ini masyarakat terhindar dari virus difteri, Khususnya masyarakat Sepatan serta Kabupaten Tangerang dan lebih luasnya Indonesia terbebas difteri” pungkasnya.

Seperti diketahui virus  Difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejala yang muncul bila kita terkena difteri adalah sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan pada amandel dan tenggorokan. Dalam kasus yang sudah lanjut, infeksi dapat menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. Infeksi kulit juga ditemukan pada beberapa pasien. Racun yang dihasilkan oleh Corynebacterium dapat berbahaya bila tersebar ke bagian tubuh yang lain. Dimana untuk Provinsi Banten sendiri  untuk saat ini telah ditemukan 91 satu kasus.  

 

 

Berita Lainnya