Lima Warisan Budaya Banten Bakal Dipatenkan

 
Selasa, 28/04/2015 19:00 WIB
Lima Warisan Budaya Banten Bakal Dipatenkan (Ilustrasi: ) Lima Warisan Budaya Banten Bakal Dipatenkan. (dgi)

LenteraNews – Kota Serang – Pemerintah Provinsi Banten, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), mengusulkan 5 warisan tak benda dari wilayahnya untuk dipatenkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk ditetapkan sebagai Warisan Budaya.

Kepala Disbudpar, Moch Ali Fadila mengatakan, warisan budaya tak benda Indonesia itu merupakan tradisi, seni pertunjukan, ekpresi lisan seperti bahasa, praktek, ekspresi, pengetahuan, keterampilan, serta alat-alat, benda alamiah, dan artefak. Serta ruang budaya yang terkait dan diakui oleh berbagai komunitas, kelompok, dan dalam hal tertentu oleh perseorangan sebagai warisan budaya mereka.

Menurut Ali, di Provinsi Banten juga banyak memiliki keanekaragaman warisan budaya tak benda. Berdasarkan data Disbudpar Banten di Provinsi Banten ini terdapat sekitar 1.000 lebih warisah budaya tak benda. Pada tahun ini, ada lima warisan budaya tak benda yang akan diusulkan kepada Kemendikbud.

"Tahun ini yang akan kita daftarkan adalah kesenian Rampak Bedug dari Pandeglang, Angklung Buhun/Dogdog Lojor dari Banten Kidul, Tari Cokek dari Kabupaten Tangerang, Dzikir Saman dari Pandeglang dan Seba Baduy dari Lebak," ujar Ali, Selasa (28/04/2015)  yang didampingi Kasi Kesenian Disbudpar Banten, Rohendi.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disbudpar Banten, Yemelia, menerangkan kelima warisan tak benda milik Provinsi Banten tersebut rencananya akan diusulkan kepada Kemendikbud pada acara pencatatan dan penetapan warisan budaya tak benda di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta pada 29-30 April.

"Kita nantinya akan melakukan presentasi kelima warisan budaya tak benda tersebut, kita harapkan usulkan kelima budaya tersebut sehingga arah pembinaannya kebudayaan daerah memiliki kepastian hukum dan pemerintah tidak setengah hati dalam melestarikan kebudayaan lokal," terangnya.

Yemelia menambahkan, hingga saat ini sudah ada empat warisan budaya tak benda dari Banten yang telah dipatenkan sebagai warisan budaya tak benda yang dimiliki Indonesia oleh Kemendikbud, yaitu Debus Banten pada tahun 2013, Pencak Silat Bendrong,Pakuwon, dan kesenian Ubrug pada 2014.(dhi)

Berita Lainnya