Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Sirip Ikan Hiu

 
Senin, 16/04/2018 14:01 WIB
Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Sirip Ikan Hiu (Ilustrasi: ) penyelundupan sirip ikan hiu

LenteraNews,TANGERANG - Aksi penyelundupan ikan hiu terjadi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Para pelaku bahkan mencoba mengelabuhi petugas guna menyelundupkan hewan yang dilindungi ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Balai Besar Karanita Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta 1 Bandara Soetta, Habrin Yake. Ia menjelaskan peristiwa itu berlangsung pada Kamis (12/4/2018) lalu di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

"Ada enam pelaku yang kami tangkap dalam kasus penyelundupan ini," ujar Habrin saat ditemui  di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (16/4/2018).

Keenam pelaku yang diamankan di antaranya ES, SF, MS, MR, SY, dan MA. Mereka baru saja terbang dari Portugal tiba di Bandara Soetta.

"Para pelaku ini bekerja sebagai anak buah kapal," ucapnya.

Menurutnya, dalam proses penangkapan ini pihaknya dibantu oleh petugas Avsec Bandara Soetta. Petugas curiga dengan barang bawaan pelaku.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata barang bawaannya ini berisikan sirip hiu. Dan segera kami amankan guna kepentingan lebih lanjut," kata Habrin.

Ia menambahkan, kasus ini juga pernah ditemui jajarannya pada tanggal 25 Maret 2018 silam. Pelaku berinisial YD mencoba melakukan penyelundupan ikan hiu.

"Dia (YD) kami tangkap saat akan terbang ke Makassar dari Bandara Soetta," ungkapnya.

Bahkan tersangka mencoba menipu petugas. Pelaku membuat dokumen palsu terkait barang bawaannya ini.

"Yang bersangkutan membawa 6 box berisikan ikan hiu hitam seberat 90 kg," papar Habrin. 

Berita Lainnya