Pemkot Gusur Pasar Malabar, Jadikan Pasar Modern

 
Minggu, 27/09/2015 21:26 WIB
Pemkot Gusur Pasar Malabar, Jadikan Pasar Modern (Ilustrasi: )

LenteraNews – Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang mulai menggusur Ratusan Kios dan Pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Malabar Perumnas 1, Keluran Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten. Meski melakukan penggusuran pemerintah memberikan opsi pada pedagang untuk beraktifitas atau berjualan dibekas Terminal dan lahan kosong di jalan Borobudur Raya yang berjarak  beberapa meter dari pasar tersebut.

Pembongkaran yang dilakukan oleh petugas gabungan dari Trantib kecamatan Cibodas, Pol PP Kota Tangerang, Petugas Kepolisian dan TNI.

 
"Pembongkaran ini dilakukan, selain pasar itu akan dibangun menjadi Pasar Bersih  Modern oleh PT Putra Cita Nusa (PCN), selaku pengelola lahan tersebut, juga untuk menegakkan Perda no 6 tahun 2011, tentang  ketertiban umum," kata Lurah. Cibodasari, Khotibul Imam.

Pasalnya, kata dia, sejak beberapa tahun lalu,  Pasar Malabar banyak di tumbuhi PKL yang menggelar dangangannya hingga di atas saluran air dan bahu jalan, sehingga  mengganggu arus lalau lintas di Jalan tersebut. "Ya selain menggangu arus lalu lintas, kesemrawutannyapun dapat menghambat Pemda Kota Tangerang untuk meraih penghargaan Adipura," kata dia.

Karenanya, kata Lurah,  PKL Pasar Malabar harus ditertibkan dan ditampung sementara di bekas Terminal dan lahan kosong di Jalan Borobudur Raya. Dan setelah pembangunan Pasar Bersih Modern itu selesai pada tahun 2016 nanti, para PKL diprioritaskan untuk  bisa berdagang di Pasar Bersih Modern. CM

Berita Lainnya