Minta UMK Naik Buruh Swiping Pabrik

 
Jum`at, 30/10/2015 13:14 WIB
Minta UMK Naik Buruh Swiping Pabrik (Ilustrasi: )

LenteraNews – Tangerang – Desak kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2016, Ratusan buruh dari berbagai elemen serikat pekerja menggelar sweeping disejumlah pabrik dikawasan industri Kota Tangerang Banten, Jumat (30/10)siang.

 

Dalam aksinya para buruh mendesak pemerintah untuk merealisasikan kenaikan UMK tahun 2016 4,4 juta rupiah perbulan, aksi swiping pabrik di lakukan para buruh untuk menggalang dukungan dari sesame buruh yang tengah berkeja guna kembali turun kejalan.

 

Yadi buruh mengatakan, kita sebagai pekerja tetap menuntut adanya kenaikan upah untuk tahun 2016, kondisi UMK tahun ini sudah tidak sesuai dengan angka inflasi yang menerjang Indonesia. “ kita menyadari bahwa perekonomian sedang melemah, namun kita juga sangat waras dengan kondisi dapur kita sudah tidak ngebul,” paparnya.

 

UMK buruh di Kota Tangerang pada tahun 2015, senilai lebih dari 2,5 juta rupiah perbulan.

 

Para buruh Tangerang ini mengancam akan melumpuhkan gerbang pintu tol Bitung Kabupaten Tangerang jika desakan kenaikan UMK tidak di setujui pemerintah.

 

Aksi konvoi ratusan buruh ini, sempat melumpuhkan akses jalanan dikota tangerang, karena para buruh melambatkan laju kendaraannya. Menghindarai aksi kericuhan petugas dari Polres Metro Tangerang memberikan pengawalan ketat terhadap aksi para buruh. Ndr/ Nis

 

Berita Lainnya