Jandi : Nawawi Jadi Camat Pasar Kemis Sesungguhnya Prestasi Bagi Warga Jayanti

 
Selasa, 20/06/2017 21:23 WIB
Jandi : Nawawi Jadi Camat Pasar Kemis Sesungguhnya Prestasi Bagi Warga Jayanti (Ilustrasi: )

LenteraNews – Tangerang – Ada hal menarik yang terjadi saat Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melakukan mutasi dan rotasi. Salah satu pejabat yang di mutasi adalah M Nawawi Camat Jayanti yang di mutasi menjadi Camat Pasar Kemis.

Sebagian warga Jayanti tak terima atas kebijakan Bupati Tangerang, mereka mendatangi kantor kecamatan dan menurunkan bendera merah putih menjadi setengah tiang sebagai bentuk kekecewaan mereka. Selain itu warga juga memasang bendera kuning tanda berduka atas pemindahan camat kesayangan mereka.

Ibnu Jandi, Direktur LSM Lembaga Kebijakan Publik yang selama ini mengawal proses Reformasi Birokrasi di Kabupaten Tangerang angkat bicara, menurutnya, bisa dapat kita mengerti penolakan warga atas dipindahkannya camat Jayanti, karena ketika seorang pemimpin sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakatnya, maka akan terpatri rasa sosialnya yang begitu tinggi “panutan, ketauladanan/ Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.” di hati masyarakat Jayanti tersebut.

Namun, Jandi berpendapat mutasi PNS/ASN itu Hak Prerogratif Kepala Daerah, sebagaimana juga yang diatur dalam UU Nomor 5 TAHUN 2014  TENTANG APARATUR SIPIL NEGARA. UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. PNS itu siap ditempatkan dimana saja.

Surat Edaran Kemendagri antara lain SE nomor 120/253/SJ tanggal 16 Januari 2015 dan SE Nomor 061/2030/SJ tanggal Juni 2016. yang mengatur tentang pengalihan personil dari pemerintah daerah kabupaten/kota ke pemerintah daerah provinsi atau ke pemerintah pusat atau dari daerah provinsi ke pemerintah daerah kabupaten/kota.

Jandi menghimbau, bahwasanya penempatan jabatan PNS itu adalah Hak Prerogratif Kepala Daerah yang tidak bisa diminta, Jabatan itu adalah kepercayaan atas pimpinan diatasnya.

“Ada kebijakan Bupati Tangerang, Zaki Iskandar yang tidak bisa kita ketahui karena itu bagian dari rahasia jabatan dan sumpah jabatan Kepala Daerah, bahwasanya ketika M. Nawawi dipindahkan ke Kecamatan yang lainnya, maka itu sesungguhnya prestasi masyarakat Jayanti yang sudah begitu bagus dapat bekerja sama selama M Nawawi bekerja di Kecamatan Jayanti. Kesuksesan Camat Jayanti “H. Nawawi” karena Jayanti warganya hebat” ujar Jandi.

Jandi berharap, mutasi ini menjadi motivasi bagi Camat Jayanti yang baru, maupun M.Nawawi yang saat ini ditempatkan di Kecamatan Pasar Kemis, keduanya harus mampu mengggali dan meningkatkan potensi wilayah mereka demi Kabupaten Tangerang yang semakin Gemilang. (con)

 

Berita Lainnya