Jambore Perpustakaan, Kabupaten Tangerang Targetkan 1000 Taman Bacaan

 
Senin, 14/09/2015 15:00 WIB
Jambore Perpustakaan, Kabupaten Tangerang Targetkan 1000 Taman Bacaan (Ilustrasi: )

LenteraNews – Tangerang – “ Buku adalah jembatan ilmu, buku adalah tulisan yang yang harus di baca dengan membaca ilmu akan mudah di cerna”, itulah salah satu sepenggal kalimat yang terlontar dari Dian, salah seorang pelajar yang di temui di pinggiran arena Jambore Perpustakaan Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di halaman Kantor Perpustakaan Kabupaten Tangerang. Senin, (14/09).

 

Akbar Gumelar Saputra Kordintor Jambore Perpustakaan Kabupaten Tangerang mengakatan jamboree ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA Se-Kabupaten Tangerang. Selain itu akan ada hibah buku dan 1000 Taman Baca di Kabupaten Tangerang. "Maka setelah selesai kegiatan ini akan segera melaksanakan hingga terbentuknya 1000 Taman Bacaan,” ucapnya.

 

Jambore yang berlangsung selama 3 hari di mulai pada tanggal 14 - 16 September 2015 juga di meriahkan dengan berbagai kegiatan lain seperti  Lomba paduan suara, Lomba menyusun buku, Fun Games, Dance, Lomba Pengelolaan perpustakaan, Menulis esay tentang cerita rakyat Kabupaten Tangerang, Kunjungan-kunjungan ke Instansi/Dinas Daerah Kabupaten Tangerang.

 

“ Masyarakat mengenal perpustakaan tidak lebih dari ritual tumpukan buku, tetapi saat ini perpustakan sudah mengelaborasi dengan berbagai kegiatan lainnya yang bisa di padukan dengan semangat baca masyarakat,” terang Akbar.

 

 

Sementara itu Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutannya mengatakan kecanggihan teknologi yang begitu pesat meniscayakan belajar bukan hanya dari buku melainkan dari bentuk atau metode lainnya. “ Buku merupakan alat tepat untuk mengasah ilmu dan mendalami sebuah pengetahuan serta inspirasi pelajaran yang menjadikan inovasi menuju masa depan.” Terangnya.

 

Sebagai bentuk pertanggungan pemerintah kepada masyarakat, pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Kantor Perpustakaan Daerah terus melakukan berbagai upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan minat baca baik pelajar maupun masyarakat.

 

“ Jambore perpustakaan ini di gagas oleh komunitas perpustakaan dan Tangerang Gemar Baca. Jambore ini nantinya akan berlangsung menuju ke tingkat Nasional maupun Internasional.” Paparnya. Nis/Hms

Berita Lainnya